Menginap Hemat dan Praktis di Hotel APA Sugamo Tokyo Jepang

Kawasan Sugamo, Tokyo bisa jadi bukan destinasi utama para pelancong yang berkunjung ke Ibu kota Jepang ini. Namun saat tim Koper Mini melakukan riset sebelum berlibur ke Tokyo, kawasan ini dengan cepat masuk dalam radar. Persiapan sebelum berlibur ke luar negeri tentu perlu lebih matang, karena ini berkaitan dengan biaya yang akan kita keluarkan saat berlibur nanti. Hal ini penting terutama untuk budget traveler seperti kami. Biasanya pilihan favorit menginap untuk keluarga tentu properti di Airbnb yang berbentuk apartemen. Kenapa? Karena dengan biaya yang lebih hemat, bisa menampung lebih banyak orang (keluarga). Sayangnya tidak demikian di Tokyo.

Kawasan Sugamo, Tokyo Jepang

Hasil riset tim Koper Mini, pertama, unit apartemen di Tokyo rata-rata terletak agak jauh dari Stasiun (sekitar 300-500 meter). Kalaupun ada yang sangat dekat dengan stasiun, biasanya properti ini tergolong mewah dengan harga sewa yang jauh di atas budget kami.

Kedua, meskipun Airbnb sudah legal di Tokyo, mulai 15 Juni 2018 Pemerintah Jepang menerapkan aturan yang ketat soal penyewaan properti. Aturan yang diterapkan antara lain, penyewaan apartemen atau rumah hanya bisa selama 180 hari dalam setahun. Selain itu, penginapan yang di-listing di Airbnb harus berizin resmi layaknya hotel. Terdapat sertifikasi khusus untuk beberapa daerah di Tokyo. Namun hingga saat ini masih banyak penyedia sewa hunian yang belum mendaftarkannya secara resmi.

Karena itu beberapa pemilik properti Airbnb di Tokyo masih kerap kucing-kucingan dengan Pemerintah setempat. Wah, kalo soal legalitas penginapan, tim Koper Mini tidak ingin menyalahi aturan lokal. Lebh baik kita menginap di Hotel yang sudah jelas pembayaran pajaknya, daripada berlibur dengan tidak tenang. Setuju kan? hehe

Tim Koper Mini di Stasiun Sugamo

Ketiga, syarat utama pencarian hotel di negara manapun cuma satu, letaknya harus dekat dengan transportasi publik (entah itu bus, kereta, MRT, LRT dan seterusnya). Apalagi parents yang membawa anak-anak kecil berusia di bawah 10 tahun dengan itinerary yang padat. Kita pasti tidak ingin repot karena terpaksa menggendong anak-anak yang sudah kelelahan setelah seharian berwisata kan? Poin plus selanjutnya adalah jika di sekitar hotel terdapat minimarket (convenience store) seperti Seven Eleven, dan kios makanan baik lokal maupun internasional berharga terjangkau.

APA Hotel Sugamo Tokyo

Nah, setelah melakukan perbandingan di berbagai situs pencarian akomodasi online, kami akhirnya menemukan hotel yang kami inginkan, namanya APA Hotel Sugamo. APA hotel ini sebenarnya tergolong chain hotel dan bisa ditemukan di beberapa lokasi utama di Tokyo. Tapi kenapa kami spesifik memilih di Sugamo?

Pintu masuk Sugamo Station

Pertama karena Hotel APA Sugamo letaknya bersebelahan dengan Stasiun JR Sugamo dan di dekat exit A4 Toei Mita Line. Jadi, keluar dari hotel ke kiri, sudah langsung ketemu pintu masuk stasiun. Praktis sekali untuk kita travelers yang sangat sering mobile dan jarang ngendon di hotel. hehe

Stasiun Sugamo Tokyo

Di hampir semua review tentang hotel ini juga menyebutkan kelebihan utama adalah lokasinya yang strategis. Kedua, meskipun terletak di jantung kota Tokyo, Sugamo adalah kawasan yang lebih tenang dari hiruk pikuk kota, dan dikenal sebagai kawasan khusus lansia. Nah, bisa dibayangkan dong betapa amannya kawasan ini untuk anak-anak.

Tipe Kamar Twin Room (non smoking)

Ok, singkat cerita kami booking langsung sebuah kamar tipe Twin Room (non smoking) seharga 1,2 Juta Rupiah per malam. Harga ini tanpa breakfast ya, buat kami budget traveler, menu sarapan bukan utama. Kami lebih sering sarapan roti atau mampir ke McDonalds sebelum memulai hari untuk berwisata.

Resepsionis APA Hotel Sugamo

Beruntung lagi, di seberang Hotel APA Sugamo ini ada gerai McDonalds yang disukai anak-anak karena menu pancake-nya yang enak dan berbentuk lucu. Selain itu, 200 meter dari Hotel ini juga ada gerai makanan cepat saji khas Jepang Yoshinoya. Buat anda yang membawa anak-anak dan ingin sarapan praktis, bisa juga di kedai ini. Setiap malam setelah berwisata, kami akan mampir ke gerai Seven Eleven di dekat hotel dan membeli kebutuhan snack anak-anak. Selain itu sarapan praktis seperti sushi, udon, tempura, nasi goreng kemasan, dan mie instan juga tersedia di sini.

Anak-anak di Lobby Hotel APA Sugamo

Sebenarnya di APA Hotel Sugamo ada tipe kamar yang lebih murah, harganya mulai 900 ribuan, tapi tipe kamar termurah tentu saja ukurannya kecil dan biasanya cocok untuk traveler yang pergi sendiri untuk urusan bisnis. Karena kami membawa 2 anak kecil berumur 7 dan 6 tahun, kami membutuhkan 2 bed yang berukuran cukup. Beruntung hotel ini membolehkan kami membawa anak-anak, gratis asalkan tidak meminta fasilitas tambahan. Untuk traveler yang baru pertama kali ke Jepang membawa anak-anak, kami sarankan selalu double check peraturan hotel, jika tidak ingin kena charge lebih nantinya.

Saat check in, kita cukup menunjukkan travel voucher dan voila! kita bisa langsung masuk ke kamar dengan nyaman. Sekilas kami memeriksa semua fasilitas yang tersedia di kamar kami sudah cukup lengkap. Jika dibandingkan dengan di Indonesia, fasilitas seperti ini biasa kami dapatkan di Hotel bintang 3 ke atas.

TV layar datar di dalam kamar hotel

Yang paling menonjol tentu televisi layar datar berukuran jumbo ini. Anak-anak sangat suka menonton kartun di TV raksasa ini sebelum tidur.

Kimono khas Jepang berfungsi sebagai bath robe

Uniknya lagi di atas tempat tidur sudah disediakan kimono khas Jepang yang berfungsi layaknya bath robe. Peralatan lainnya cukup lengkap,  sebut saja, coffee and tea maker, kulkas mini, hair dryer, bahkan hand sanitizer.

Fasilitas di dalam kamar
Hair dryer juga disediakan di kamar
Coffee and Tea Maker

Untuk biaya yang kami keluarkan, kami cukup terkesan dengan fasilitas yang disediakan hotel. Ini Tokyo lho, ibu kota Jepang yang terkenal biaya hidupnya ter-mahal se-Asia.

Selanjutnya kita cek kamar mandinya ya. Seperti layaknya budget hotel di Jepang, wajar saja jika kamar mandi ini berukuran compact. Meski demikian, anak-anak sangat senang dengan bath tub khas Jepang, yang berukuran pendek seperti bak mandi di Indonesia. Senangnya kita tidak perlu banyak membawa peralatan mandi, karena semua yang diperlukan sudah tersedia di sini.

Bath tub khas Jepang
Sabun dan Shampoo disediakan di kamar mandi
Peralatan mandi yang disediakan cukup komplit

Airnya tentu saja hangat dan ada pengatur suhu yang cukup canggih di sini. Di sini juga ada toilet khas Jepang yang sudah tersohor dengan kecanggihannya.

Alat pengatur suhu air

Deretan tombol ini sukses membuat kami penasaran. Merupakan pengalaman yang unik bisa menggunakan toilet ber-air hangat. Ini pertama kalinya kami menggunakan toilet khas Jepang.

Deretan tombol toilet berair hangat

Toilet canggih semacam ini ternyata jamak ditemukan di semua kawasan di Tokyo, termasuk di toilet-toilet umum di stasiun maupun bandara. Wah, keren ya!

Jangan lupa memilah sampah

Oh ya, satu lagi yang tidak boleh terlupa. Warga Jepang sudah terbiasa memilah sampah, organik dan anorganik. Jadi pastikan anda dan keluarga juga melakukan sistem pemilahan sampah serupa saat menginap di hotel ini. Semua fasilitas tempat sampah (terpisah) sudah disediakan di kamar hotel maupun di setiap sudut jalan di kawasan Sugamo.

Tim Koper Mini di depan Hotel APA Sugamo

Sebagai fasilitas tambahan, Hotel APA Sugamo ini juga menyediakan mesin cuci, ice maker dan microwave yang bisa digunakan secara bersama-sama dengan tamu yang lain.

Selain itu juga ada fasilitas Onsen khas Jepang semacam pemandian air hangat yang kerap digunakan orang Jepang untuk mandi beramai-ramai. Onsen di Hotel APA Sugamo ini terletak di lantai teratas. Di situ terdapat fasilitas Onsen terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

Pusat belanja di kawasan Sugamo Tokyo
Berjalan-jalan di kawasan Sugamo Tokyo

Nah, kalau penasaran ada apa saja yang bisa dilihat di kawasan Sugamo yang dikenal sebagai kawasannya para lansia di Tokyo, coba saja berkeliling di sekitar hotel di pagi hari. Tim Koper Mini beruntung bisa berkunjung ke Jepang di awal musim semi, dengan suhu dan matahari yang cukup bersahabat, sekitar 20 derajat celsius. Setelah mampir sarapan di McDonalds di seberang hotel, kami melanjutkan berjalan-jalan di deretan toko sepanjang jalan Sugamo.

Tim Koper Mini jalan-jalan di kawasan Sugamo Tokyo

Benar saja, di sini kami banyak bertemu dengan Opa Oma yang berusia lanjut sedang melakukan aktifitas sehari-hari mereka. Di tengah pertokoan ini juga terdapat kuil pemujaan yang kerap didatangi para lansia. Sekilas kami melihat barang-barang yang dijajakan di toko banyak berupa makanan ringan, kue-kue, kebutuhan sehari-hari rumah tangga, dan juga oleh-oleh.

Barang dagangan di toko kawasan Sugamo Tokyo

Demikian review kami tentang Hotel APA Sugamo, untuk kisah-kisah menarik lainnya selama di Jepang, silakan klik link di bawah ini ya. Selamat berlibur!

https://kopermini.com/berburu-sakura-di-ueno-park-tokyo-jepang/

https://kopermini.com/tips-sewa-kimono-anak-dan-berburu-foto-di-kuil-sensoji-asakusa-tokyo/

https://kopermini.com/cara-menikmati-liburan-di-disney-sea-tokyo-hanya-dalam-1-hari/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *