Berburu Sakura di Ueno Park Tokyo Jepang

Bunga Sakura selalu jadi primadona di setiap musim semi tiba di negara-negara empat musim. Uniknya lagi, bunga ini hanya mekar sekitar 2 minggu dalam satu tahun. Waah, benar-benar peristiwa yang langka ya, parents. Beruntung tim Koper Mini berhasil mendapat tiket promo ke Jepang persis di akhir musim dingin, dan menjelang musim semi. Kami tidak menyangka bisa menikmati Sakura yang bermekaran di taman-taman di Tokyo. Jadi rasanya seperti menang lotre, ketika melihat Sakura sudah bermekaran di tanggal 17 Maret 2019. Sedikit lebih awal dibanding prediksi tiap tahun, yakni di Akhir maret hingga Awal April. Biasanya bunga sakura bermekaran mulai dari daerah selatan Jepang, lalu menuju ke arah utara secara berurutan.

Bunga Sakura di Taman Ueno

Masyarakat lokal percaya bunga sakura adalah simbol untuk harapan kehidupan. Masyarakat Jepang juga percaya bunga ini bisa membawa keberuntungan dan juga rezeki yang melimpah.

Sakura melambangkan rejeki yang berlimpah

Ada tradisi yang selalu dilakukan orang Jepang di saat Bunga Sakura mulai bermekaran, Namanya “Hanami”. Hanami secara harfiah berarti “melihat bunga”. Di saat hanami, orang-orang Jepang berpiknik dengan keluarga, berpesta sambil membawa makanan dan minuman untuk merayakan kebahagiaan di bawah pohon sakura. Mereka akan berdatangan ke taman-taman publik di kota-kota mereka dan menggelar tikar, matras untuk piknik.

Turis mulai berdatangan ke Ueno Park di akhir Maret

Sebenarnya ada beberapa taman di Tokyo, Jepang, yang memiliki pepohonan Sakura, di antaranya di Ueno Park, Shinjuku Gyoen Mae dan Tachikawa. Tapi dari hasil riset singkat, tim Koper Mini merekomendasikan parents datang ke Taman Ueno, alias Ueno Park yang terletak di distrik Taito-ku. Di sini, kita bisa menikmati berpiknik di bawah pohon Sakura gratis lhoo. Tapi jika sudah berada di Jepang, jangan lupa untuk selalu memeriksa kalender Sakura ya, setiap tahun jadwal mekarnya bunga Sakura bisa bervariasi di setiap distrik. Pastikan anda dan anak-anak datang ke kawasan yang paling tepat.

Anak-anak di depan Papan Petunjuk Kawasan Ueno Park

Dari lokasi tempat hotel kami menginap, di kawasan Sugamo, Tokyo, kami langsung menaiki kereta JR Line menuju Stasiun Ueno. Stasiun ini mudah ditemui di peta, karena termasuk kawasan strategis di Tokyo. Keluar dari stasiun, hanya dengan berjalan kurang lebih 50 meter, kita akan menjumpai pintu masuk Ueno Park.

Tim Koper Mini di depan exit Ueno Station

Waah, sejauh mata memandang, ada bunga-bunga sakura berwarna pink dan ungu muda yang begitu memesona. Di taman Ueno ini, ada sekitar 10 ribu pohon, dan 1.200 diantaranya adalah Pohon Sakura. Wow! Bayangkan, kita bisa berjalan sekeluarga di bawah ribuan Pohon Sakura. Di pintu masuk ini saja, banyak turis yang antre untuk mengabadikan kenangan mereka Bersama Bunga Sakura. Satu…duaa…tigaa…klik, dan satu foto cantik siap dipublish di akun Instagram kita.

Yay! Kesampaian Berfoto di depan Sakura

Jangan terlalu lama menghabiskan waktu di area pintu masuk Ueno Park ya, parents, karena sebenarnya di dalam taman seluas 530 ribu meter persegi ini masih ada sejumlah tempat wisata ramah anak yang bisa dikunjungi. Yuk kita lihat dulu peta kawasan ini, dan membaca peraturan-peraturan untuk pengunjung, agar kita dan anak-anak tetap nyaman saat berpiknik.

Peta Kawasan Ueno Park
Peraturan-peraturan yang harus dipatuhi pengunjung di Ueno Park

Butuh sekitar 3 jam untuk menyusuri seluruh kawasan Ueno Park ini. Anda bisa juga membawa anak-anak Kebun Binatang Ueno, yang juga terletak di dalam kawasan Ueno Park. Di dalamnya, ada ribuan jenis binatang, termasuk Beruang Kutub, Penguin, Flamingo, dan yang terfavorit adalah Panda. Kebun Binatang ini adalah kebun binatang yang tertua di Jepang.

Berjalan santai di bawah Pohon Sakura

Selain itu, anda juga bisa mengajak anak-anak melihat benda-benda seni di dalam museum yang tersebar di kawasan Ueno Park. Museum-museum tersebut antara lain:

1. Museum Nasional Tokyo

Koleksi museum ini berupa benda seni dan peninggalan arkeolog Asia dan Jepang. Koleksinya lebih dari 110.000 buah. 87 diantaranya adalah pusaka nasional jepang, dan 610 peninggalan budaya penting.

2. Museum Sains Nasional

Di sini kita bisa mengamati mulai dari evolusi makhluk hidup seperti Dinosaurus, flora dan fauna Jepang, perkembangan pertanian Jepang dan juga teknologi luar angkasa dan geologi Jepang.

3. Museum Nasional Seni Barat

Diantara koleksinya antara lain lukisan impresionis dan pahatan Rodin yang merupakan bagian dari koleksi Matsukata. Di museum ini khusus ditampilkan koleksi seni asal dunia barat.

4. Museum Seni Metropolitan Tokyo
Museum ini menampilkan banyak koleksi seni dan galeri. Saat ini ada 12 karya patung dan 36 karya kaligrafi yang ditampilkan maupun disimpan di Museum ini.

5. Museum Shitamachi
Disini terdapat banyak deretan bangunan yang membangkitkan nostalgia orang jepang. Museum ini didirikan untuk memperkenalkan budaya dan suasana Shitamachi Tokyo yang sudah mulai tergerus perkembangan jaman.

Lampion di Ueno Park

Rata-rata semua museum di Ueno Park buka di jam kerja, yakni antara Pukul 9.00 – 17.00 WIB. Tapi jika anda datang ke lokasi terlalu malam, jangan khawatir, anda dan anak-anak masih bisa menikmati keindahan cahaya lampion yang digantungkan di antara pohon-pohon Sakura. Keindahan bunga Sakura yang bermekaran membuat pengalaman kita berlibur Bersama anak-anak di Jepang menjadi lebih terkenang sepanjang hidup. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *