Liburan Bintang 5 di Hotel Papandayan Bandung

Akhirnya, musim liburan tiba. Bagi yang tidak mudik ke kampung halaman, sekarang waktunya menjelajahi kota-kota terdekat untuk menghabiskan masa liburan. Paris Van Java, sebutan untuk kota Bandung, Jawa Barat, ini tidaklah berlebihan. Kotanya yang sejuk, suasana santai dan deretan bangunan arsitektur bersejarah yang cantik membuat kota ini selalu layak jadi destinasi liburan keluarga. Nah, kalau sudah urusan menginap, kita para orang tua pastinya ingin anak-anak bisa bersenang-senang dan menikmati liburan mereka dengan nyaman.

Pilihan tim Koper Mini kali ini adalah Hotel The Papandayan, Bandung. Hotel bintang 5 yang baru saja direnovasi ini terletak di kawasan strategis Jalan Gatot Subroto no. 83, Bandung. Ada beragam tipe kamar yang ditawarkan, mulai dari Suite, Premier sampai Classic. Harganya juga bervariasi, dari yang termurah tipe classic sekitar 1 juta rupiah per malam, hingga kategori suite di harga 3,5 juta rupiah per malam.

Buat kami sekeluarga yang hobi staycation, hotel ini cukup ideal menjadi tempat menghabiskan quality time bersama anak-anak.

Area Pool The Papandayan Hotel

Di bagian belakang hotel, terdapat fasilitas pool (kolam renang dewasa dan anak-anak) ukuran semi olympic. Anak-anak sangat suka berenang di sini, waktu terbaik untuk menghabiskan waktu di sini adalah di sore hari menjelang matahari terbenam, atau di pagi hari setelah sarapan. Di sekitar area pool juga terdapat area bersantai bernama Hurubatu Grill Garden. Area semi terrace ini sengaja dirancang seperti kafe outdoor yang nyaman.

Anak-anak berenang di sore hari

Selain itu ada pula fasilitas Jacuzzi dan Sauna yang sayang sekali kalau tidak digunakan.

Fasilitas Jacuzzi untuk pengunjung The Papandayan Hotel

Pihak hotel juga menyediakan beragam aktifitas untuk wisatawan yang membawa serta keluarga dan anak-anak. Di samping area kolam renang ini, terdapat Playground dan di akhir pekan ada juga kids activities seperti cooking class berikut booth snacks, seperti Popcorn dan sweet treats.

Kamar luas dengan interior klasik modern menyambut kami

Kamar tipe classic alias standar-nya, juga sudah cukup luas untuk kami berempat. Apalagi di sini, anak-anak usia 0-12 tahun bisa menginap gratis tanpa dikenai biaya tambahan, selama tidak meminta fasilitas khusus. Lobby hotel khas bintang 5 dengan chandelier dan lantai marmer yang cantik menyambut kami. Di sisi kanan resepsionis terdapat Lift yang menuju kamar-kamar pelanggan. Jangan lupa selalu membawa magnetic card untuk mengakses lift dan pintu kamar. Biasanya pihak resepsionis akan membekali kita dengan 2 kartu per kamar, dan juga kupon sarapan (breakfast).  Letak Pago Restaurant, tempat pengunjung sarapan, juga tidak jauh dari lift tersebut.

Pago Restaurant The Papandayan Hotel

Begitu memasuki kamar, mata kami dimanjakan dengan interior klasik modern yang apik. Di atas meja sudah tersaji cokelat, cookies dan buah-buahan segar. Semuanya compliments, alias sudah termasuk dalam harga kamar.

Buah segar untuk camilan di kamar
Anak-anak senang karena ada cokelat dan cookies 🙂

lalu untuk urusan posting foto di media sosial, kita tentunya ingin akses internet yang tidak terbatas. Hanya dengan memasukkan kode password, gadget kami juga bisa langsung terhubung dengan Wifi hotel. Jadi jangan lupa meminta kode password wifi di resepsionis yaa.

Kamar dan area kamar mandi dipisahkan oleh kaca transparan

Bed berukuran king dengan linen putih yang halus membuat kami betah berlama-lama di atasnya. Yang lebih seru lagi adalah area kamar mandi yang seolah menyatu dengan bed room karena hanya terpisah dengan kaca bening.

Area kamar mandi dilengkapi dengan bath tub dan shower, jadi anda bebas menentukan apakah akan bersantai sambil mandi di bath tub hari itu. Atau untuk anda para pebisnis yang dituntut selalu cepat, cukup menggunakan area shower. Selain itu, area washtafel juga sudah dipenuhi amenities lengkap khas hotel bintang 5. Di lemari, tergantung 2 jubah mandi berwarna putih yang tebal dan nyaman.

Area Shower The Papandayan Hotel
Bath Robe yang disediakan di Lemari Pakaian

Pemandangan dari jendela kamar kami kali ini tidak terlalu spesial, hanya terlihat pemukiman di belakang hotel. Namun anda bisa juga memesan view yang lebih menarik seperti pool atau kota, jika berkunjung ke sini. Karena letaknya yang strategis, Hotel Papandayan ini cocok untuk yang menginap untuk urusan bisnis di kota, ataupun family traveler yang ingin menjelajah kota Bandung untuk berbelanja. Hotel ini lokasinya cukup dekat dengan Trans Studio Mall, dan Bandung Supermall lho. Asyiik, waktunya shopping. hahaha…

Pemandangan dari jendela kamar kami

Nah, bicara soal menu sarapan, Hotel The Papandayan ini tergolong yang punya menu komplit, mulai dari menu lokal Jawa Barat dan masakan Indonesia, ada juga Asian Cuisine dan menu Western. Rasanya pun nikmat, sebanding dengan harga menginap di hotel ini.

Menu Lokal di Pago Restaurant Hotel Papandayan

Seperti biasa, Restoran dibuka untuk breakfast mulai dari jam 6 pagi hingga jam 10. Jangan keasyikan leyeh-leyeh di kamar, sampai lupa sarapan ya. Karena menu nikmat di sini, sayang sekali untuk dilewatkan. hehe

Selama kami menginap singkat di akhir pekan, pelayanan pegawai hotel, dari bell boy, resepsionis, sampai pelayan restoran semuanya helpful dan berkesan. Di kesempatan berikutnya ke Bandung, The Papandayan Hotel layak jadi alternatif tempat menginap. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Selamat berlibur bersama keluarga ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *