Malang Smart Arena, Playground Indoor Terbesar di Malang Raya

Kota Malang punya sederet destinasi wisata keluarga yang sangat layak dikunjungi. Pada bulan Mei 2019, Grup wisata Hawai Water Park yang terletak di dalam perumahan Graha Kencana, Balearjosari, Blimbing Malang memperkenalkan wahana baru yang disebut Malang Smart Arena. Area permainan anak ini diklaim sebagai yang terbesar dan terlengkap se-Malang raya.

Area panjat dinding di Malang Smart Arena

Mendengar klaim ini, tim Koper Mini langsung tergerak untuk membuktikan. Kami berkunjung ke Malang Smart Arena di masa libur lebaran 2019 lalu. Dan, ternyata benar juga. Anak-anak sangaaat suka bermain di sini. Apalagi secara harga, tergolong murah dibandingkan arena permainan sejenis di Jakarta, yang luasnya tidak sampai separuhnya Malang Smart Arena. Bayangkan saja, untuk bisa menikmati seluruh wahana di dalam playground, kami cukup membayar Rp. 80 ribu per anak, dan anak-anak bisa main sepuasnya alias tidak dibatasi jam. Wow! Bandingkan dengan harga di Jakarta yang rata-rata sudah Rp. 100 ribu per anak dan dibatasi hanya satu jam permainan. Hahaha…

Main sepuasnya sampai seharian

Nah, untuk anak yang tinggi badannya masih di bawah 110 cm akan mendapat gratis pendamping. Namun jika anak-anak tingginya sudah di atas 110 cm, dan masih perlu pendamping, maka ada tambahan harga untuk pendamping, sebesar Rp 30.000.

Arena permainan Malang Smart Arena dibangun di area seluas 400 meter persegi. Di dalamnya ada 12 jenis wahana, yang terdiri atas permainan soft play dan permainan interaktif. Jenisnya antara lain air coaster, safari park, baby playground, warrior, basketball, archery, frisbee, football, wall climbing, sensor motorik, game motorik, go cart scooter dan bicycle. Seluruh jenis permainan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecerdasan sensorik dan motorik anak-anak lhoo…

Bergelantungan di dalam area playground Malang Smart Arena
Serunya naik sepeda di dalam area Malang Smart Arena

Favorit anak-anak, tentu saja Safari Park, yang punya papan seluncur tinggi yang mendebarkan. Mereka bolak-balik menjajal papan seluncur yang tinggi dan seru inii…

Papan seluncur favorit anak-anak

Ada juga area wall climbing yang membuat anak-anak bebas memanjat. Karena walaupun nantinya terjatuh, mereka akan mendarat dengan seru di ratusan spons berbentuk kubus yang lembut. Selain itu si kakak juga sangat menikmati bermain sepeda di dalam arena ini. Kawasannya juga cukup luas untuk berkeliling, dan yang paling penting, adem karena ber-AC.

Jangan takut jatuh ya, Soft landing yuk.

Dirancang dengan inspirasi dari Super Park Hong Kong, playground ini ternyata punya misi mulia untuk meningkatkan ikatan batin atau bonding antara orang tua dan anak-anak. Benar saja, di dalam arena bermain, banyak orang tua yang ikut seseruan bermain sambil berteriak kegirangan. Hahaha…Masa kecil kurang bahagia yaa, pak bu?

Orang tua ikut bermain di arena mobil-mobilan

Tidak terasa anak-anak menghabiskan waktu total sampai hampir 3 jam di dalam arena bermain Malang Smart Arena. Tapi kalau sesekali mereka haus dan lapar atau ingin pipis ke toilet, mereka tetap bisa keluar dari arena, dan kembali masuk dengan menunjukkan gelang tiket masuk.

Tempat pembelian tiket masuk Malang Smart Arena
The journey starts here

Di gedung Malang Smart Arena ini juga disediakan sejumlah fasilitas pendukung, di antaranya yang terpenting adalah Food Court. Sayangnya, menu di area kantin ini masih sangat terbatas. Dari pantauan Koper Mini, baru ada jajanan seperti pop corn dan es krim yang rasanya masih agak rata-rata untuk standar lidah kami. Hehe. Selain itu untuk makanan berat, juga hanya tersedia ayam goreng ala gerai fried chicken dan nasi putih. Untuk minuman, baru tersedia minuman kemasan standar. Menurut kami, tim pengelola kawasan wisata ini perlu meningkatkan lagi fasilitas menu makanan di sini.

Area Food Court Malang Smart Arena

Sebelum masuk ke arena bermain, orang tua dan anak-anak bisa menitipkan barang-barang mereka di loker yang sudah disediakan. Berikutnya adalah meletakkan sepatu-sepatu di rak sepatu di depan pintu masuk.

Area loker untuk penitipan barang
Rak sepatu juga sudah disiapkan pengelola

Di area Malang Smart Arena ini juga tersedia musholla dan pusat layanan medis untuk pengunjung yang membutuhkannya. Oh ya, agar aman saat bermain dengan buah hati tersayang, ada baiknya anda mengajak anak-anak untuk memperhatikan aturan-aturan main di sini. Semua aturan sudah tertulis detail di papan ini yaa…

Pengunjung diharapkan mematuhi peraturan ini.

Penasaran ingin mencoba beragam wahana-nya. Segera buktikan keseruannya yuk. Malang Smart Arena dibuka setiap hari mulai dari jam 12 hingga jam 9 malam.

Pintu masuk Gedung Malang Smart Arena

Gedung Malang Smart Arena terletak di kompleks yang sama dengan area Water Park Hawai yang sudah lebih dulu dikenal di Malang. Tepatnya berada di dalam kompleks Perumahan Graha Kencana, di kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Malang. Perumahan ini mudah ditemukan karena terletak di pinggir jalan raya utama yang menghubungkan Surabaya-Malang. Sangat dekat dengan exit tol Singosari, Malang. Selamat bermain bersama anak-anak!

Untuk petualangan tim Koper Mini yang lain di kota Malang dan Batu, Jawa Timur, bisa klik di sini ya:

https://kopermini.com/akhir-pekan-seru-di-batu-malang/

https://kopermini.com/liburan-keluarga-di-senyum-world-hotel-batu-malang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *