Review Royal Tulip Gunung Geulis Resort Bogor Jawa Barat

Pandemi memang belum usai, tapi keinginan untuk berlibur sudah makin menggebu. Saatnya mencari tempat liburan keluarga yang bernuansa alam, banyak menyediakan aktifitas outdoor, dan yang pasti harus ekstra bersih dan sepi. Karena masih menjaga protokol Kesehatan, agar tidak bertemu dengan banyak orang, tim Koper Mini sengaja memilih weekdays getaway, alias berlibur di hari kerja. Meskipun Ayah dan Bunda harus cuti dari pekerjaan, tapi ngga papa deh, demi keamanan dan kenyamanan anak-anak.

Setelah membandingkan beberapa resort di kawasan Bogor dan Puncak, pilihan kami akhirnya jatuh ke Royal Tulip Gunung Geulis yang terletak di Jalan Pasir Angin, Gadog, Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini dahulu lebih dikenal sebagai area golf eksklusif, tapi kini mereka menambah fasilitas dengan mendesain sebuah resort bintang 5 yang terhampar di area pegunungan yang dipenuhi hutan dan pepohonan. Untuk mencapai Royal Tulip Gunung Geulis Resort, kami berkendara sekitar hampir 2 jam dari arah Jakarta. namun jika anda berkendara dari arah Bogor, resort ini bisa ditempuh sekitar 40 menit dengan mobil.

Tidak akan ada yang menyangka di tengah hutan ini ada bangunan resort megah, karena untuk menuju ke sana, kami harus melalui jalanan kecil yang cukup berliku. Saat artikel ini ditulis, sudah ada akses melewati perumahan Summarecon Bogor yang hampir jadi, sehingga kami bisa melaluinya dengan nyaman, namun selepas jalanan perumahan, kami akan diarahkan kembali ke jalanan kecil di pinggir jurang, dengan pemandangan sekeliling yang sangat menyejukkan mata.

Lalu tibalah kami di pintu gerbang Royal Tulip Gunung Geulis Resort yang mewah. Setelah menurunkan barang, kami bergegas untuk check in di resepsionis. Yang kami suka di sini, bahkan area lobby pun didesain terbuka, semi outdoor, sangat luas dan nyaman, jadi cukup aman untuk berlibur di saat pandemi. Petugas menyampaikan kami mendapat kamar sesuai permintaan, view terbaik dengan pemandangan sky deck yang mereka namakan Zen Deck dan tentunya pemandangan gunung. Wah! Proses check in selesai, kami mendapat voucher welcome drink untuk 4 orang. Welcome drink yang kami dapatkan hari itu berupa ice tea, alias es teh manis.

Kami berhasil mendapat hadiah dari Royal Tulip Gunung Geulis, tidak hanya kamar tipe Deluxe Double dengan pemandangan terbaik, namun juga kejutan manis berupa kue ulang tahun dan juga handuk yang dihias cantik di atas tempat tidur. Waah, berasa honeymoon lagi yaa..hehe. Kali ini terasa seperti family moon. Ya, kami memang sengaja memilih awal April sebagai waktu yang tepat berlibur sekaligus merayakan ulang tahun Bunda. Thank you for the sweet surprise ya, Royal Tulip Gunung Geulis. Kuenya enak banget, lembut dan full cokelat seperti kesukaan anak-anak.

Seperti layaknya hotel bintang 5, kamar ini dilengkapi dengan beragam fasilitas lengkap, mulai dari coffee and tea set, teko air panas, kulkas mini (mini bar), wardrobe dilengkapi jubah kamar mandi dan sandal. Desain kamar mandinya juga unik, karena terlapis dinding kaca, kita bisa menikmati pemandangan kamar dan balkon dari balik kamar mandi. Sayangnya kamar mandi tipe Deluxe ini hanya ada shower ya, jika anda ingin menginap di kamar yang ada bath tubnya, silakan memesan kamar tipe studio.

Di rak kamar mandi juga disediakan hair dryer dan beberapa perlengkapan seperti sabun, shampoo, sikat gigi dan pasta gigi. Selain itu ada 2 compliment water bottle di kamar mandi. Dan 2 lagi compliment water di area mini bar.

Kamar tipe Deluxe yang kami tempati, memiliki bed berukuran king dengan linen yang lembut. Selain itu ada meja kerja yang sangat fungsional. Di samping tempat tidur, ada sofa bed yang bisa dipakai untuk bersantai di siang hari. Ketika kami membuka pintu kaca ke arah balkon, mata kami dimanjakan dengan pemandangan pegunungan yang cantik, pepohonan hijau dan waaah! Apa itu?

Persis di arah mata kami memandang, ada Zen Deck yang jadi salah satu trade mark Royal Tulip Gunung Geulis Resort. Di teras luas berpagar kaca yang membentang di atas pepohonan ini, para pengunjung biasa mengabadikan matahari terbit (sunrise) dan berfoto dengan pemandangan gunung. Indah sekali. Bayangkan, kami bisa menikmati semua pemandangan ini dari balkon kamar kami. Truly breathtaking! Alhamdulillah…

Nah, sekarang saatnya explore seluruh kawasan resort ini. Yang paling menarik buat anak-anak, adalah Kids Club, mereka bebas bermain di sini dengan menyebutkan nomor kamar. Saat kami datang, Club ini sangat sepi, tapi anak-anak kami lebih memilih berlarian di area outdoor, karena ternyata di belakang Kids Club terdapat area outbond yang seru. Nih, lihat saja, anak-anak sangat menikmati panjat dinding, bergelantungan di tangga tali, hingga menyebrang di jembatan tali. Tetap awasi anak-anak saat bermain ya, karena sebagian area ini cukup tinggi untuk dijangkau anak-anak.

Puas bermain di area outbond, kami mulai menjelajah sisi kolam renang (pool). Royal Tulip Gunung Geulis Resort memiliki 3 kolam renang terpisah. Anda tinggal memilih di area mana anda ingin berenang. Ada pula kolam renang yang berukuran lebih kecil untuk anak-anak. Jika ingin tetap fit selama berlibur, anda juga bisa meluangkan waktu untuk pergi ke gym atau spa, yang semuanya ada di Resort ini.

Jangan lupa meluangkan lebih banyak waktu di Zen Deck ya, karena ini kawasan terfavorit dari resort ini, banyak foto-foto selebgram yang diambil di lokasi ini. Buat kalian yang terniat untuk photoshoot siapkan baju yang keren, asal jangan warna hijau ya friends, karena pemandangan di latar belakang adalah gunung dan pepohonan yang berwarna kehijauan.

Itulah kelebihannya kita memilih Resort untuk tempat berlibur, kita tidak perlu lagi keluar dari area resort, Seluruh kegiatan liburan bersama anak-anak bisa dilakukan di dalam resort. Anggap saja punya rumah Sultan selama beberapa hari ke depan. Hehe. Nyamannyaa…

Setelah mandi sore, kami mengajak anak-anak makan malam di salah satu restoran di Royal Tulip Gunung Geulis Resort. Di sini ada 3 restoran yang menyajikan jenis menu berbeda. Yang pertama LL One Restaurant & Wine Bar yang terletak di lantai 3. Di sinilah biasanya pengunjung menghabiskan waktu untuk sarapan. Di siang dan malam hari mereka menyajikan variasi menu dari negara-negara di Asia. Lalu ada Fire Grill & Bar, yang terletak di lantai yang sama, namun memiliki area outdoor yang lebih luas. Di sini makanan yang disajikan lebih bernuansa western dan international. Dan terakhir ada Breeze Lounge.

Karena kami masih menerapkan protokol Kesehatan, kami merasa lebih aman untuk makan malam dengan anak-anak di Fire Grill, areanya outdoor dan terletak di samping pool. Apalagi malam itu kami mendapat bonus makan di depan perapian. Waah, serunyaa. Anak-anak sangat antusias menempelkan tangan di kaca perapian yang hangat, apalagi kami bersantap di tengah suhu Bogor yang sangat sejuk di malam hari. Menu yang dipilih anak-anak semuanya menu kesukaan, mulai dari Nachos, Burger, kentang goreng, hingga Waffle chicken dengan saus khas Southern. Rasanya cukup lezat, terutama Waffle chicken dan sausnya. Seharusnya menu ini dimasak dengan whiskey, tapi kami request khusus untuk tidak menggunakan minuman itu. Tapi rasanya ternyata tetap maknyoz.

Hmmm… Rasa dan suasana di restoran malam itu memang sebanding dengan harga yang harus kita keluarkan. Rentang harga makanan di resto ini berkisar dari 80 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah per porsi. Mahal juga ya. Well, ini hanya salah satu pilihan jika anda sedang malas pergi ke luar resort untuk mencari makanan. Jika anda ingin alternatif yang lebih murah, bisa pergi sedikit melipir ke arah Kota Bogor dan anda akan menemukan banyak variasi makanan yang lain.

Malam hari itu kami tidur nyenyak tanpa AC. Hehe. Rupanya udara pegunungan yang sangat sejuk di malam hari berhasil membuat kami terlelap di dalam selimut. Nyamannya…

Di pagi hari setelah menunaikan salat Subuh, kami beranjak ke balkon, dan benar saja pemandangan pagi itu sangat sulit dilupakan. Sky deck terlihat kosong, tidak ada satu orangpun di sana. Matahari tampak malu-malu menampakkan diri di balik pegunungan. Indahnya pagi itu di Royal Tulip Gunung Geulis Resort.

Setelah mandi, kami langsung menuju ke LL One Restaurant untuk sarapan. Kami memang membeli voucher hotel yang lengkap dengan sarapan. Di waktu normal, harga sewa kamar Deluxe dengan sarapan berkisar 2 juta rupiah. Namun kami berhasil membeli voucher di travel langganan kami dengan harga hanya 1,2 juta rupiah saja per malam, sudah termasuk kamar dan sarapan untuk 2 orang dewasa. Nah karena anak-anak sudah berumur di atas 5 tahun, maka harus membayar per anak Rp. 125 ribu rupiah. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Pengunjung akan diatur jam makannya, supaya tidak ramai. Untuk memenuhi protokol kesehatan, setiap pengunjung juga dibekali sarung tangan plastik untuk mengambil makanan dari tempat saji, supaya lebih higienis.

Beragam menu sudah menanti, mulai masakan Indonesia, seperti bubur, bakso, lontong sayur dan nasi dengan beragam lauk lengkap, selain itu ada Bakmie dan Dimsum, salad, sereal, buah, daging dan lain sebagainya. Menu di resto ini cukup variatif. Berbagai jenis minuman hangat dan dingin tersedia, tentunya bisa dinikmati secara all you can eat. Sudut paling favorit adalah sudut makanan penutup atau desserts. Kami menemukan beragam jenis roti dan kue. Selain itu ada waffle kesukaan anak-anak. Benar-benar menutup liburan singkat kami di Royal Tulip Gunung Geulis Resort yang bermakna. Pelayanan yang ramah dan fasilitas yang mengagumkan, benar-benar value for money. Kami akan Kembali!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *