Berburu Mainan Kapsul Gachapon di Tokyo Jepang

Gachapon atau akrab juga disebut Gashapon adalah mesin mainan yang menjual mainan-mainan mini dalam kapsul dan banyak ditemui di Jepang, khususnya di Tokyo. Ternyata Gachapon menjadi sangat populer di Jepang sejak tahun 1970an lho gaes.

Gachapon Vending Machine

Meski demikian, mesin mainan ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat. Di negara barat, orang banyak menyebutnya surprise eggs, alias telur kejutan, karena memang mainan-mainan mini ini dikemas di dalam sebuah kapsul berbentuk telur, dan kita tidak tahu persis akan mendapat mainan yang mana sebelum kita membukanya. Dulu mainan-mainannya hanya khusus untuk anak-anak, tapi sekarang sudah lebih bervariasi.

Ada yang isinya figur-figur anime dan souvenir-souvenir lain untuk dewasa. Waktu tim Koper Mini berlibur ke Jepang, saat landing di Narita, kami sudah bisa langsung mendapati Gachapon di beberapa lokasi di terminal bandara. Lumayaan, berhasil menghibur anak-anak yang bosan saat long flight dari Jakarta transit di Bangkok, Thailand sebelum akhirnya mendarat di Tokyo. Apalagi jenis mainannya sangat bervariasi, selain anime kesukaan anak-anak, Doraemon (yang khas Jepang banget), ada juga figur-figur binatang, gantungan kunci berwujud makanan khas Jepang, miniatur furnitur atau peralatan rumah tangga, atau bahkan pouch atau miniatur tas.

Mesin mainan Gachapon bisa ditemui di beberapa kawasan di Tokyo. Yang paling banyak bisa ditemukan di daerah Akihabara, yang memang sudah lama dikenal sebagai pusat anime, manga dan elektronik. Hanya dengan berjalan di sekeliling Akihabara, kalian bisa menemukan Gachapon nyaris di setiap sudutnya. Anak-anak kegirangan, setiap melihat Gachapon dari kejauhan. Mereka langsung berlari menghampiri dan termenung bermenit-menit di depannya, sambil mata mereka menyisir jenis mainan apa lagi yang ingin mereka beli hari ini. Tentu saja, Ayah Bundanya harus segera siapkan koin, jika si kecil sudah terlihat tertawa lebar karena berhasil menemukan mainan impiannya. Jangan lupa selalu sediakan koin pecahan 100 yen untuk sogokan setiap anak-anak lelah berjalan kaki ya, parents.

Siapkan koin untuk mendapatkan mainan kapsulmu ya 🙂

 Jika kalian termasuk pemburu Gachapon yang serius, coba luangkan waktu pergi ke toko Akihabara Gachapon Kaikan. Toko ini adalah surganya capsule toys, alias mainan kapsul. Berderet-deret Gachapon menempel di sana sini. Serbuuuu! Ternyata memang di sejumlah kawasan transportasi publik, Gachapon gampang ditemui gaes. Sebut saja di Tokyo Station, pusat semua titik kereta di Tokyo yang terintegrasi dengan pusat perbelanjaan. Di sini ada “Tokyo Gachapon Street”, bayangkan ada 100 mesin berderet di kanan kiri, sepanjang jalan. Wow! Para turis juga bisa menemukan souvenir-souvenir kecil untuk oleh-oleh di sini. Saat tim Koper Mini berburu sakura di Ueno Park, kami sempat menjelajahi area sekitar dan berhasil menemui mesin Gachapon yang letaknya kurang dari 100 meter dari pintu masuk Ueno. Si sulung langsung berteriak kegirangan, membayangkan dia akan dapat kejutan mainan lagi hari ini. Hehe.

Si kakak sedang memilih mainan Gachapon hari ini

Jadi, bagaimana sih caranya menggunakan mesin mainan Gachapon? Pertama, disarankan untuk melakukan survey dulu jenis mainan yang diinginkan yang mana. Setiap mesin menyajikan gambar mainan yang tersedia di dalam mesin. Well, sebenarnya ga ada jaminan kalian akan bisa dapatkan mainan spesifik yang diinginkan, tapi bukankah dag dig dug berharap-harap cemas mendapat kejutan adalah salah satu serunya bermain Gachapon? Setelah menentukan mainan mana yang diinginkan, masukkan koin sesuai angka atau harga yang tertera. Harganya berkisar antara 200 hingga 500 yen (jika dirupiahkan berkisar antara Rp. 26 ribu hingga Rp 66 ribu), tergantung mainan yang ada di dalam mesin. Tapi banyak juga sih mesin-mesin yang menyediakan mainan dengan harga miring, 100 yen saja atau setara 13 ribu Rupiah. Setelah memasukkan koin, anak-anak cukup memutar handle beberapa kali, sampai kapsulnya jatuh. Masukkan tangan dan ambil mainan kejutannya. Yay! Selamat menambah koleksi mainan kapsulmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *