Review Menginap di Villa Vimala Hills Bogor Jawa Barat

Untuk mengisi hari libur panjang akhir Oktober lalu, tim Koper Mini mulai memberanikan diri untuk staycation, alias liburan sambil menginap di Villa. Karena sedang masa pandemi, pilihannya tidak jauh-jauh dari ibu kota, agar lebih mudah ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi. Setelah melakukan pencarian intens di laman Airbnb, kami akhirnya memutuskan menginap di salah satu unit di Cluster Krakatau, Villa Vimala Hills yang terletak di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Fasade Cluster Krakatau Villa Vimala Hills

Villa eksklusif di Vimala Hills sebenarnya cukup mudah dicapai dari exit Tol Ciawi, Bogor. Namun di akhir pekan, apalagi saat libur panjang, di exit tol Ciawi selalu diberlakukan buka tutup jalan untuk mengatur arus lalu lintas dan kepadatan menuju Puncak. Saat tim Koper Mini berkendara dari arah Jakarta, exit tol Ciawi ditutup mulai jam 1 siang hingga jam 4 sore. Sesuai aturan yang tertulis di Airbnb, tamu Villa memang baru diperbolehkan check in di jam 3 sore, meski demikian kami baru menginjakkan kaki di lokasi sekitar jam setengah lima sore.

Cluster Krakatau adalah cluster pertama di sebelah kiri, setelah kita memasuki gerbang utama Vimala Hills. Bersyukur, kami memilih Villa yang dikelola oleh seorang superhost, Pak Budiman. Responnya sangat cepat dengan pelayanan yang ramah. Kami berhasil masuk ke dalam cluster dengan menggunakan akses khusus dan check in dengan bantuan seorang asisten bernama Lilis.

Sebenarnya Pak Budiman dan asistennya sudah membersihkan vila dan juga menyemprot seluruh sudut dengan desinfektan. Meski demikian, sesuai protokol keamanan, kami memutuskan membawa sendiri desinfectant spray dan Kembali menyemprotkannya ke titik-titik rawan, seperti sofa, kursi, karpet, tempat tidur dan gagang pintu. Tidak ada salahnya kita berikan perhatian extra di sanitasi, mengingat era pandemi saat ini.

Kamar Utama

Kemudian, kami mulai mengeksplor semua ruangan yang ada di Villa. Waah, ternyata Villanya cukup luas, dengan gaya arsitektur modern tropis, banyak bukaan lebar dan kaca, membuat sirkulasi udara dan cahaya lancar. Area parkir cukup untuk 2 mobil dan anda perlu berjalan melintasi taman, sebelum menemukan pintu utama. Setelah membuka pintu, anda akan langsung melihat area publik yang terdiri atas ruang tamu, pantry (dapur bersih) dan ruang makan.

Meja Makan di ruang publik

Pak Budiman sudah menyediakan 2 jenis kompor gas, water dispenser berisi air dingin dan panas, microwave, kulkas, rice cooker dan semua peralatan masak dan alat makan yang lengkap. Ia bahkan sudah menyediakan alat panggang untuk barbeque. Kami sangat senang karena bisa memanggang daging barbeque malam ini. Daan semuanya bisa dinikmati sambil nonton Netflix lho. Karena Villa ini sudah dilengkapi dengan Wifi dan juga layanan video on demand Netflix. Keren kan!

2 jenis kompor gas
Peralatan makan lengkap tersedia
Kulkas yang cukup untuk menyimpan banyak bahan makanan
Microwave di pantry

Nah, soal peralatan makan, karena kami masih agak parno menggunakan alat makan yang dipakai berulangkali dengan pengunjung lain, maka kami meminimalkan resiko dengan membawa alat-alat makan sendiri dari rumah. Yang kami gunakan di Villa hanyalah peralatan masak, itupun kami cuci ulang dengan sabun untuk memastikan higienitasnya.

Kursi taman belakang yang instagramable

Klaar mengeksplor ruang publik, kami bergeser ke teras belakang. Wah! Ternyata teras belakangnya sangat luas, ada kursi ayunan, 2 kursi santai, dan di hadapan kami ada kursi taman yang lucu, dihiasi bunga dan tanaman rambat yang cantik. Aha! Kami sudah menemukan spot foto yang seru nih buat keluarga.

Taman belakang di unit Villa kami
Kursi malas di teras belakang Villa

Lalu kami memeriksa kamar-kamar yang akan kami gunakan untuk tidur nanti. Ternyata di Villa ini ada 3 kamar. 2 kamar di lantai bawah, dan 1 kamar di lantai atas. Tapi kami memilih hanya menempati 2 kamar di lantai bawah saja. Di kamar utama yang berlantai kayu, ada 1 bed berukuran king size dan juga 1 sofa bed. Di Kamar anak, ada 2 bed berukuran single.

Sofa Bed di kamar utama
Meja rias di kamar utama

Jika anda membawa lebih banyak anggota keluarga, bisa juga manfaatkan kamar di atas yang terdiri dari beberapa extra bed yang diletakkan di lantai. Oh ya, di ruang tamu juga ada 1 sofa bed lagi, bisa dimanfaatkan untuk pengunjung yang membawa keluarga besar. Di lantai atas juga ada saung yang cukup besar lho, bisa memuat belasan orang, lumayanlah kalo ingin arisan atau kumpul keluarga di sini.

Bisa nongkrong seru di saung ini

Di kamar mandi utama, ada bathtub dilengkapi air hangat. Waah, ini yang paling seru karena anak-anak sangat suka berendam air hangat sambil main bubble bath di sini. Sebenarnya di kamar mandi anak juga ada sih air hangat, tapi sepertinya tanki air hangatnya terbatas, jadi jika digunakan bersamaan, air hangatnya tidak maksimal dan bisa mendadak dingin.

Bubble bath di bath tub yuk
Washtafel dilengkapi sabun dan tissue kering

Fasilitas tambahan dari si super host, adalah mainan-mainan anak berupa bola, kartu dan board game, selain itu ada juga sederet DVD yang diletakkan di ruang tamu. Pak Budiman juga menyediakan handuk-handuk baru, tissue kering, sabun dan shampoo di setiap kamar mandi.

Malam itu kami tidur dengan nyaman, setelah menghabiskan menu beef barbeque dan steam boat sayuran yang lezaat. Malam minggu yang seru, meski tanpa makan di restoran atau beranjak ke luar cluster. Hehe. Untuk seluruh fasilitas ini kami dikenai harga 2 juta rupiah, sudah termasuk service fee. Agar aman, semua pembayaran dilakukan di laman Airbnb. Tentunya value for money, bandingkan jika kita menyewa 3 kamar hotel bintang 4 yang total harganya bisa 2 kali lipat.

Besok paginya, kami langsung berjalan-jalan di sekitar cluster. Apalagi Pak Budiman juga sudah menginfokan, bahwa di Vimala Hills, fasilitas wisata juga cukup lengkap. Ada danau, taman bunga, dan juga taman rusa. Meski letaknya di luar cluster, kita bisa bebas mengunjunginya, gratis. Mau naik mobil silakan, atau jika ingin sekaligus berolahraga, tidak ada salahnya berjalan kaki bersama keluarga menyusuri jalanan Vimala Hills yang cantik.

Di Taman Rusa Vimala Hills

Pagi itu, rute pertama kami adalah jalan ke taman rusa. Dan ternyata lumayan banyak lho rusa yang dipelihara di sini, meskipun mereka hanya bisa stay di dalam pagar, tapi anak-anak tetap bisa memberikan mereka makanan. Jangan lupa perhatikan aturan main di Taman Rusa, supaya kita sekeluarga tetap aman dan nyaman.

Kolam renang di Club House Vimala Hills

Rute berikutnya adalah ke kolam renang yang berada di Club House. Karena masih di masa pandemi, kami memang masih belum berani mengajak anak-anak berenang di kolam umum. Jadi kami putuskan kunjungan kali ini hanya untuk melihat fasilitas kolam renang di Vimala Hills, mungkin untuk kunjungan berikutnya di saat pandemi telah usai. Di clubhouse ini juga tersedia taman bermain luas yang dipenuhi rumput sintetis dan permainan anak seperti seluncur dan ayunan. Kolam berisi ikan koi ternyata juga lumayan menghibur kami saat itu.

Kolam ikan koi

Ok, kawasan wisata di dalam kompleks Vimala Hills selanjutnya yang kami kunjungi adalah taman bunga. Waah, ini ternyata yang paling seru. Rupanya lansekap tanah yang sengaja dibuat berundak, ini ditanami berbagai macam bunga warna warni yang Nampak indah di mata. Tentu saja bisa menjadi latar foto yang instagramable. Klik! Jangan lupa berfoto di depan danau ini. Beruntung juga kalau kita berhasil mengabadikan beberapa ekor bebek yang sedang berenang dan bermain bersama. Serunyaaa!

Danau di depan taman bunga
Foto keluarga di Taman Bunga

Liburan singkat kami di Vimala Hills harus berakhir. Meski hanya 2 hari, tapi sangat menghibur di tengah kepenatan dan kebosanan kami selama 7 bulan hanya beraktifitas di rumah dan kantor, tanpa pernah piknik. Hehe. Selamat mencoba staycation di tengah pandemi ya. Jangan lupa selalu terapkan protokol Kesehatan ketat, termasuk juga untuk anak-anak.

Yang berminat untuk menyewa Villa milik Pak Budiman di cluster Krakatau Vimala Hills, bisa klik di sini ya https://www.airbnb.com/rooms/28206455?c=.pi80.pkbWVzc2FnaW5nL25ld19tZXNzYWdl&euid=ae20b33d-abeb-6177-c890-74bc3ebf5abb&source_impression_id=p3_1604758459_S8KuLJkI%2Bt8PBdY4&guests=1&adults=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *