Review Airbnb Villania Dekat Camp Hulu Cai Bogor

Travel parents yang tinggal di Jakarta, dan hanya punya waktu di akhir pekan untuk berlibur bersama keluarga, biasanya akan berburu destinasi wisata yang tidak jauh-jauh dari Ibu kota. Ya! Tempat wisata memang bertebaran di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, tapi di mana ya yang hawanya sejuk dan cocok untuk berlibur bersama anak-anak? Naaah…ini diaa, tim Koper Mini punya rekomendasinya.

Tampak Depan Villania Tapos, Bogor

Coba tengok Villa yang satu ini. Sang pemilik menyebutnya “Villania”. Rumah peristirahatan ini terletak di Tapos, tidak jauh dari exit tol Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Dari exit tersebut, anda cukup mengambil jalur alternatif menuju Tapos, yang melewati kawasan Rancamaya. Naik sekitar 5 kilometer, di sebelah kanan jalan, anda akan mendapati sebuah rumah besar. Ya, bentuknya memang seperti rumah berhalaman sangat luas. Villa ini juga privat, dikelilingi dinding yang memisahkan properti ini dengan pemukiman warga di sekitarnya.

d Camp Hulu Cai, Tapos, Bogor

Yang seru lagi, properti airbnb ini terletak cukup dekat dengan Camp Hulu Cai, sebuah destinasi wisata yang menawarkan wisata alam dan petualangan untuk keluarga. Kawasan wisata tersebut juga mengklaim sebagai salah satu destinasi wisata syariah.

Nah, kembali lagi soal Villania, saat kami browsing foto-foto di laman airbnb, Villa ini tidak terlihat seluas aslinya. Saat kami tiba, kami terkaget-kaget melihat betapa luas halaman parkirnya hingga bisa menampung sekitar 6 hingga 10 mobil. Wow!

Taman depan dan teras Villania

Begitu kami memasuki rumah, suasana luas dan udara sejuknya sangat terasa. Tidak ada sekat antara ruang tamu dengan ruang keluarga. Ruang keluarga yang didesain dengan karpet serta bantal-bantal besar, juga dilengkapi kaca raksasa, yang membuat ruangan semakin terasa luas. Villa ini cocok juga untuk acara gathering keluarga seperti arisan, ataupun outing bersama teman kantor. Pemilik juga menyediakan kasur-kasur tambahan yang bisa digunakan penyewa. Di depan ruang keluarga terlihat sebuah pantry untuk sekadar membuat roti atau menyeduh teh hangat.

Ruang Tamu Villania
Ruang Keluarga di Villania
Pantry di sudut ruang keluarga Villania

Pemilik menyediakan teh, kopi, gula, lengkap dengan peralatan seperti dispenser air hangat dan dingin, serta microwave.

Teh dan Kopi tersedia di sini

Nah, lebih terkesan lagi karena di pantry itu juga tersedia kotak P3K, dengan peralatan yang lumayan lengkap. Wah, boleh juga nih fasilitasnya…Eiitss, tapi jangan salah, itu baru sebagian kecil yang menarik dari properti ini.

Kotak P3K di Villania

Jika anda keluar dari Villa melalui pintu belakang, anda akan mendapati sebuah teras, yang dilengkapi sofa dan meja. Rupanya pemilik memanfaatkan tempat ini sebagai ruang makan. Dari sini, kita bisa melihat halaman belakang yang luas, dilengkapi permainan anak-anak, seperti ayunan, perosotan dan jungkat jungkit.

Teras Belakang Villania

Di sebelah kiri terdapat bangunan lain yang terpisah dari bangunan utama. Setelah kami lihat, ternyata ada beberapa ruangan di sana. Ada dapur tempat memasak, ada ruang peralatan dan juga lemari untuk menyimpan pakaian, dan di ujung sana ada kamar untuk penjaga villa ini. Namanya Pak Mamat. Pak Mamat inilah yang sehari-harinya membersihkan Villa dan selalu menyambut pengunjung yang datang. Di atas bangunan ini, terdapat sebuah teras di rooftop, yang di malam hari, menurut Pak Mamat bisa untuk area barbeque dan melihat bintang. Waaah, romantis juga yaa..hehe

Ruang makan berada di area terbuka, dengan pemandangan seperti ini

Loh, apa itu yang bergerak-gerak di bagian belakang taman? Waa…..ada kelinci-kelinci lucu yang dari tadi mengamati kami, pengunjung baru Villa ini. Kami langsung saja mengabadikan momen ini.

Kelinci peliharaan di Villania

Terlihat ada 4 kelinci berwarna putih dan abu yang sedang menikmati makan siangnya. Pak Mamat rupanya sudah menyediakan dedaunan untuk makanan mereka. Si kelinci-kelinci lucu terlihat lahap sekali makannya. Lucunyaa!

Kamar Utama di Villania
Kamar anak-anak di Villania

Di Villania, terdapat 2 kamar utama, ukurannya sangat luas, Selain kasur berukuran King, pemilik juga menyediakan kasur kecil untuk anak-anak. Di kamar ini, misalnya, terdapat sebuah kasur Hello Kitty dilengkapi bantal dan gulingnya.

Bed khusus untuk si kecil 🙂

Waaah, anak-anak pasti sangat suka tidur di kamar ini. Setiap kamar dilengkapi kamar mandi dalam yang cukup luas, dengan shower dan washtafel.

Panggang sate yuuk

Di malam hari, kami mengadakan pesta barbeque. Untunglah pemilik juga sudah menyediakan semua peralatan barbeque, mulai tungku masak, hingga capit dan kipas. Nah, untuk arang, anda bisa titip saja ke Pak Mamat si penunggu Villa untuk membelikan di warung terdekat. Waktunya pesta sate daging dan ayam niih!

Alat barbeque sudah disediakan pemilik Villania

Jika ada yg tertarik dengan villa ini, bisa klik di sini ya: https://www.airbnb.com/rooms/27326591?location=Ciawi%2C%20Bogor%2C%20West%20Java%2C%20Indonesia&source_impression_id=p3_1565327758_MLhmCmrDPBgwH%2Fck&s=2Key1KsK Untuk harga sewa semalam melalui situs airbnb, dibanderol sekitar USD 95 atau setara Rp. 1,3 Juta. Lumayan value for money kan? Apalagi kalau menginapnya bersama rombongan keluarga besar dan teman-teman.

Malam minggu ini kami lalui dengan gembira. Keesokan paginya, setelah memasak dan sarapan, kami berkendara sekitar kurang dari 1 kilometer naik ke atas bukit. Dan ini dia, di sebelah kiri jalan sudah terlihat papan selamat datang di Camp Hulu Cai.

Rafting di Camp Hulu Cai Bogor

Kawasan wisata ini menawarkan sejumlah lokasi outbond untuk keluarga dan juga untuk outing kantor. Banyak juga pengunjung yang menyewa ruang meeting untuk peluncuran produk ataupun meeting internal perusahaan. Termasuk salah satu yang unik adalah ruang meeting outdoor berkonsep amphitheater ini.

Ruang Meeting Amphiteater di Hulu Cai

Tak jauh dari situ, ada serombongan keluarga yang menaiki flying fox. Kami bisa mendengar teriakan girang sekaligus takut dari mereka yang tidak terbiasa dengan ketinggian.

Flying Fox di Camp Hulu Cai
Suasana sejuk dan tenang di Camp Hulu Cai

Selain itu ada juga aktifitas lainnya yang tak kalah seru, seperti rafting atau berperahu mengarungi sungai. Kawasan wisata Camp Hulu Cai ini memang sebagian berbentuk lembah, dan di tengahnya mengalir aliran sungai.

Area Kids Playground di Camp Hulu Cai

Di kawasan wisata seluas 11 hektare ini mengalir 13 mata air, yang tidak pernah kering, meskipun di musim kemarau.

Kabin di Camp Hulu Cai

Tim Koper Mini memutuskan naik ke atas bukit, dan ternyata kawasan Camp Hulu Cai ini sangat luas. Di atas sini, terdapat beberapa kamar penginapan berbentuk cottage, dan juga sebuah taman Bunga yang cocok untuk selfie dan berfoto bersama keluarga.

Daftar Harga di Camp Hulu Cai

Hmmm….sejuknyaaa… Tidak salah, kami memilih kawasan ini untuk recharge dan kabur sejenak dari penatnya Ibu kota. Sampai jumpa lagi, Bogor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *