5 Obyek Wisata Seru di New Zealand untuk Liburan bersama Anak

Dikenal dengan pemandangan alamnya yang memukau, serta kekayaan budayanya, New Zealand atau Selandia Baru memiliki beberapa destinasi wisata keluarga yang menakjubkan. Berikut adalah 5 tempat seru untuk mengajak si kecil berwisata, mulai dari aktivitas wisata alam dan kehidupan satwa liar hingga petualangan menegangkan dan pengalaman budaya:

Rainbow Springs National Park

Rainbow Spring National Park

Selain untuk bersenang-senang, travel parents dapat memperluas pengetahuan anak dengan mengenalkan berbagai jenis hewan sejak dini. Ajak mereka ke Rainbow Springs National Park untuk melihat Kiwi, hewan endemik yang merupakan burung khas New Zealand. Taman Nasional ini juga merupakan rumah bagi Kiwi Burrow dan tempat penetasan telur Kiwi terbesar di dunia, National Kiwi Hatchery Aotearoa.

Rainbow Spring National Park

Jika sedang beruntung, Anda dan keluarga dapat melihat langsung bayi burung Kiwi, seperti yang dilakukan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada kunjungan mereka ke New Zealand bulan Oktober 2018 lalu. Pasangan kerajaan ini berkesempatan untuk melihat dua bayi burung Kiwi yang baru menetas sesaat sebelum mereka tiba di lokasi. Dalam momen tersebut, pasangan ini mendapat kehormatan untuk memberikan nama bagi kedua bayi tersebut. Bayi pertama diberi nama Koha, yang berarti ‘karunia’ dan Tihei, yang berasal dari bahasa Maori, yang berarti ‘hembusan kehidupan’.

Akses masuk Kiwi Burrow sudah termasuk dalam tiket yang Anda beli, namun jika Anda ingin mengikuti tur di Kiwi Hatchery, ada tambahan biaya sebesar $10 per orang, atau setara 93 ribu rupiah untuk didonasikan ke pusat konservasi. Anak-anak dapat melihat burung Kiwi secara langsung dengan pendampingan orang tua.

Tiga Tempat Ikonik di North Island

Hobbiton Movie Set

Jika Anda dan keluarga berada di North Island atau Pulau bagian utara, tidak ada yang mampu mengalahkan pengalaman unik yang akan Anda dapatkan dari kombinasi Hobbiton Movie Set, Te Puia, dan Waitomo Caves. Saat memasuki Hobbiton Movie Set, anda dan keluarga akan terpesona melihat lokasi syuting dari dua film box office, “Lord of The Rings”dan “The Hobbit”Biaya memasuki kompleks tempat wisata ini sekitar 250 Dollar New Zealand atau setara 2 juta 3 ratus rupiah. Mahal juga ya…tapi pastinya pemandangan dan pengalaman yang didapat sangat sebanding dengan harganya.

Hobbiton Movie Set

Rasakan sambutan hangat yang diberikan oleh para Kiwi, sebutan untuk orang-orang New Zealand, di Te Puia. Di tempat ini, Anda dan keluarga juga dapat menikmati pertunjukan budaya dan makan masakan khas Maori yang dikenal dengan nama Hangi. Ajak anak-anak Anda menikmati pemandangan di Pohutu Geyser, geiser aktif terbesar di New Zealand dengan semburan yang dapat mencapai ketinggian 30 meter. Biasanya. geiser ini meletus sekali atau dua kali setiap satu jam.

Waitomo Caves

Hanya dengan berkendara selama tiga jam saja dari Auckland, Anda akan tiba di Waitomo Caves, yang menawarkan pengalaman terbaik untuk melihat glowworm di New Zealand. Biayanya sekitar 200 Dollar New Zealand, atau setara 1,8 juta rupiah. Untuk memasuki gua, Anda dapat menggunakan perahu kecil. Nikmati pesona sinar dari glowworm yang menempel pada dinding gua di atas Anda.Tur Waitomo Glowworm Cave ini dapat dinikmati oleh segala usia dan sangat pas untuk aktivitas bersama keluarga, karena tur ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan pengalaman yang tidak terlupakan, tapi juga kesempatan untuk terhubung kembali dengan alam sekaligus menjaga lingkungan.

Antarctic Center

Antarctic Center

Jika anda dan keluarga penasaran dengan dinginnya suhu di Antartika, coba kunjungi International Antarctic Center di Christchurch. Berlokasi di dekat Bandara Christchurch, ruangan indoor simulasi kutub utara yang dinginnya dapat mencapai -8 derajat Celsius ini, aman dan menyenangkan untuk dinikmati oleh semua umur. Tidak perlu khawatir jika Anda lupa membawa jaket karena Antarctic Center menyediakan jaket hangat dan sepatu overshoes untuk Anda dan anak-anak.

Antarctic Center juga menawarkan pengalaman unik lainnya jika tubuh Anda sudah tidak bisa menahan suhu dingin. Cobalah Hägglund, kendaraan Antartika yang dapat menerjang dan menaklukkan berbagai medan es. Di dalam Hägglund, Anda dan anak-anak akan merasa seolah-olah seperti seorang ilmuwan yang sedang menjelajahi bukit es di Antartika selama 15 menit. Untuk dapat menikmati atraksi ini, anak-anak harus berusia minimal 5 tahun dan didampingi oleh orang dewasa.

Skyline Queenstown

Skyline Queenstown adalah kereta gantung atau Gondola paling curam di New Zealand. Kereta gantung ini akan membawa anda dan keluarga pada ketinggian 450 meter di atas kota Queenstown dan menawarkan panorama 220 derajat dari tempat wisata Coronet Peak, The Remarkables, Cecil Peak, dan kota Queenstown. Untuk dapat menikmati pemandangan dari atas Gondola, pastikan anak-anak anda sudah berusia lebih dari 5 tahun. Biaya untuk menaiki kereta gantung ini mencapai 700 ribu rupiah/orang.

Jika Anda dan si kecil suka balapan, cobalah wahana Luge, kendaraan luncur roda tiga yang mengandalkan gravitasi, yang akan membawa Anda menuruni bukit di Skyline Queenstown. Demi keamanan, penumpang luge harus mengenakan helm dan sabuk pengaman dan mendapatkan pengarahan keselamatan dari instruktur sebelum melakukan perjalanan. Untuk dapat menikmati wahana ini, anak-anak berusia di bawah 6 tahun harus ditemani orang dewasa saat mengemudi.

Pakiri Beach

Berkuda di Pakiri Beach

Saat berlibur ke Selandia Baru, Anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan pantai. Anda dapat menikmati deburan ombak dengan cara yang tidak biasa, salah satunya dengan berkuda di Pakiri Beach. Terdapat beberapa pilihan kuda yang dapat dinaiki oleh Anda dan juga si kecil. Anak-anak di bawah 5 tahun dapat mencoba naik kuda poni selama 30 menit, sangat cocok bagi anak yang baru pertama kali menunggang kuda. Dengan bantuan dari pendamping yang sudah terlatih dan ramah, Anda dan anak Anda akan memperoleh pengalaman berkuda yang sangat menyenangkan dan aman.

Jika Anda dan keluarga sudah memiliki pengalaman berkuda sebelumnya, ikutlah “Poutawa River Ride” selama setengah hari yang akan membawa Anda melalui hutan di sekitaran pantai dan bukit pasir putih. Jika anak Anda berusia di atas 10 tahun dan sudah berpengalaman, ia dapat mengikuti perjalanan ini. Kebanyakan perjalanan akan berangkat pukul 10 pagi, namun pada musim panas, beberapa perjalanan berangkat dua kali sehari. Ada juga “Sundowner Beach Ride” yang berangkat pukul 6.30 sore jika Anda ingin berkuda menyusuri pantai sambil menikmati langit senja merah keemasan. Pakiri Beach Holiday Parks juga menyediakan pilihan penginapan untuk Anda dan keluarga, mulai dari vila mewah hingga kamar motel berukuran studio. Menikmati indahnya langit berbintang sambil berbaring di kamar hotel yang langsung menghadap pantai, dapat menjadi ide bagus untuk menikmati sisa hari berkualitas bersama keluarga. Selamat berlibur!

Sumber: Tourism New Zealand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *