Pengalaman Pertama Menggunakan Airbnb di Malaysia

Saat merencanakan perjalanan ke negara jiran Malaysia & Singapura, kami membaca beberapa review tentang hotel dan guest house di seputaran destinasi-destinasi yang kami tuju. Karena kami memulai perjalanan di Johor Bahru Malaysia, demi memuaskan keinginan anak-anak bermain di Legoland, kami memutuskan mencari penginapan yang tidak jauh dari themepark ini. Sebenarnya pilihan utama semua traveler yang hendak ke Legoland pastilah Legoland Hotel. Selain berada di dalam kawasan theme park, Legoland Hotel juga memanjakan pengunjung dengan surga lego, play ground yang seru di dalam hotel, dan pernak-pernik lego di setiap sudut kamar. Kami langsung ngiler waktu lihat video perjalanan si Ryan Toys Review di Youtube soal review Legoland Hotel. WOW! anak-anak yang memang fans berat Ryan dan kolektor lego, berulangkali meminta menginap di Legoland Hotel. Tapi setelah melihat published rate resor bintang 5 ini kami langsung mengurungkan niat menginap di sini. Harganya yang bisa mencapai Rp 5,5 Juta per malam untuk sebuah kamar standar, tidak sesuai dengan budget kami yang hendak melakukan trip 2 negara.

Akhirnya kami riset alternatifnya. Seorang teman yang sudah pernah berkunjung ke Legoland sebelumnya, merekomendasikan kami untuk menyewa via airbnb sebuah apartemen yang letaknya in a walking distance dari Legoland. Namanya Afiniti Residence di kawasan Medini, Johor Bahru. Benar saja, rupanya lokasinya persis di seberang Legoland Hotel, dan voila! harga apartemen 2 kamar ini tidak sampai 700 ribu rupiah semalam. Melihat foto-foto dan review pemiliknya di situs airbnb.com, kami makin yakin untuk memesannya. Beruntung di tanggal trip kami, apartemen ini masih kosong. kami langsung memesannya untuk 2 malam.

Ruang Tamu dengan Interior Modern

Kami sebenarnya agak deg-degan karena ini pertama kalinya menggunakan jasa airbnb. Di setiap traveling kami selalu memilih hotel, karena alasan kepraktisan, terpercaya, sudah termasuk sarapan, kamar dibersihkan setiap hari dan alasan-alasan plus lainnya. Menggunakan properti milik orang lain yang tidak kami kenal di negara orang, tentu beresiko. Cara mengurangi resiko itu adalah dengan bertanya pada orang yang pernah menginap dan menggunakan jasa pemilik apartemen. Di airbnb ada kolom review tempat para penyewa sebelumnya bisa menulis plus dan minus sebuah properti. Ada juga review khusus soal pemilik properti, Nah pemilik Apartemen Afiniti Residence yang kami taksir ini adalah Stella, seorang berkebangsaan Malaysia yang dari reviewnya suka kebersihan, dan menyediakan semua perlengkapan yang dibutuhkan oleh penyewa.

Benar saja, di malam waktu kami check in, semuanya serba praktis dan mudah. Kami bahkan tidak perlu bertemu dengan Stella untuk proses check in dan check out. Semua komunikasi kami dengan Stella cukup dengan berbalas surat elektronik alias email. Kunci apartemen dititipkan di sebuah box atau kotak penyimpanan di sebuah reception lounge yang dijaga oleh seorang security atau satpam. Stella memberikan security code kepada kami untuk membuka kotak itu. Di situlah kami mengambil kunci dan nantinya meletakkannya kembali setelah check out.

Ruang Makan Yang Cantik

Begitu pintu dibuka, kami pun senang. Semua foto-foto yang ada di situs airbnb itu nyata, alias bukan editan. Stella menata apartemennya dengan gaya interior modern, simple dan clean sesuai selera kami.

Kamar Tidur Anak
Kamar Tidur Utama

Apartemen 2 kamar ini dilengkapi 2 kamar mandi, satu kamar mandi utama dengan bathtub,sementara 1 lagi kamar mandi anak-anak dengan shower. Semua peralatan mandi seperti sabun dan shampo disiapkan oleh Stella.

Kamar Mandi Dilengkapi Bathtub

Bahkan peralatan-peralatan di dapur pun cukup komplit. Kami bebas memasak sarapan ataupun makan malam di dapur bersih ini.

Dapur Bersih Dilengkapi Peralatan Masak Standar

Untuk yang traveling dalam waktu yang lama, tak perlu khawatir, Stella juga menyediakan mesin cuci dan gantungan untuk menjemur baju. Jadi tidak perlu repot pergi ke laundry dan merogoh kocek tambahan lagi kan? hehe…

Mencuci Baju jadi Lebih Mudah
Jemuran Ada di Area Balkon

Menyewa properti di airbnb artinya anda juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas yang disediakan di apartemen ini, termasuk play ground dan kolam renang semi olympic di roof top. Di lantai bawah apartemen ini juga ada minimarket 24 jam yang menyediakan bahan-bahan kebutuhan sehari-hari.

Kolam Renang Apartemen di Roof Top
Area Taman Apartemen yang Asri

Kalaupun ada yang kurang dari sewa apartemen ini adalah tidak adanya sarapan dan koneksi wifi, tapi toh kami memang suka sarapan yang simpel-simpel. Ayah dan Bundanya suka roti panggang atau mie instan, sementara anak-anak suka menyantap sereal dan susu.

Anak-anak Sarapan Roti Panggang & Sereal

Kalau bosan, kami tinggal jalan ke seberang, karena persis di depan apartemen ini adalah Medini Mall yang letaknya bersebelahan dengan Legoland. Di mal ini ada gerai-gerai cepat saji bertaraf internasional, seperti KFC, Burger King dan sejumlah restoran yang menyajikan makanan lokal seperti Nasi Lemak. Soal wifi, toh kami memang beli nomor lokal dan bisa menikmati paket internet murahnya. Overall kami puas dengan layanan Stella di apartemen ini, dan sebaliknya ternyata setelah kami pulang, Stella juga memberikan review yang baik untuk kami. Kata Stella, kami adalah penyewa yang baik dan sangat bersih saat menggunakan apartemennya. Kami suka ide sharing economy seperti airbnb. Kalau menemukan orang yang tepat, kita bisa saling membantu dan tentunya saling menguntungkan.

We Love Your Apartment, Stella 🙂

Kalau mau nonton video lengkap fasilitas apartemen airbnb Stella, klik di bawah ini ya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *