Menjemput Mimpi di Disneyland Hong Kong

Satu yang tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Hong Kong adalah berpetualang di Disneyland. Jangankan untuk anak-anak, untuk kami yang dewasa saja, Disneyland adalah destinasi impian sejak kecil. “The happiest place on earth”, demikian semua orang menyebutnya. Untuk itu kami meletakkan Disneyland sebagai top priority di itinerary kami. Tidak hanya bold, tapi juga dilingkar merah. hahaha. Untuk itu kami memilih membeli tiket Disneyland secara online dari jauh-jauh hari dan mengambil 2 day pass atau tiket terusan 2 hari. Jatuhnya memang lebih murah daripada membeli yang 1 day pass. Setelah membandingkan beberapa situs penjual tiket, kami akhirnya memilih membelinya di klook.com.

Saran kami, sebelum melakukan sebuah perjalanan, tidak perlu membeli tiket di website resmi karena biasanya published rate di website resmi selalu lebih mahal daripada di agen-agen. Prinsip ini kurang lebih sama dengan mencari tiket maskapai penerbangan. Karena maskapai juga memberikan diskon yang cukup besar untuk agen, sehingga agen bisa menjual tiket lebih murah dari website resmi maskapai tersebut. Untuk mencari tiket attractions, kami biasa membandingkan klook.com atau traveloka.com. Harganya bervariasi tergantung promo masing-masing platform, makanya harus rajin-rajin riset dan membandingkan jika tidak ingin melewatkan kesempatan diskon besar. hehe.

Kami sengaja meletakkan Disneyland di itinerary hari ke-4 dan 5. Alasannya simpel saja, karena Disneyland Hong Kong letaknya lebih dekat dari bandara, jadi di malam terakhir (ke-6), kami memutuskan menginap di hotel Novotel di area Citigate, yang cukup dekat dari Disneyland dan juga bandara. Berdasar hasil riset, biasanya pengunjung menghabiskan seharian penuh di Disneyland dan baru pulang pada malam hari. Nah di malam hari, kereta MTR shuttle dari Disneyland yang menuju ke kota Hong Kong otomatis penuh dan kurang nyaman.

Nah kami memilih pulang ke arah Citigate, yakni arah sebaliknya, jadi MTR pasti akan lebih lengang. Selain itu, hari ke-4 dan ke-5 itu jatuh di hari weekdays alias hari kerja, harapan kami Disneyland akan lebih sepi dibanding biasanya, jadi kita tidak perlu berlama-lama antri di wahana. Dan plusnya lagi adalah, tepat di hari kami ke Disneyland, prediksi cuaca cerah. Alhamdulillah, pada kenyataannya di hari H semuanya sesuai riset dan perkiraan cuaca. Itulah bukti bahwa riset benar-benar menentukan keberhasilan sebuah perjalanan.

MTR Rute Khusus Disneyland

Untuk menuju ke Disneyland Hong Kong, pastikan anda naik MTR Tung Chung Line (warna oranye) dan turun di Sunny Bay Station. Setelah itu anda akan berganti MTR, kereta khusus jurusan Disneyland. Kereta ini didesain khusus untuk melayani theme park Disney terbesar di Asia ini. Sehingga desain interiornya pun menggambarkan karakter Mickey Mouse. Hanya dalam beberapa menit saja anda akan tiba di Disneyland Station daaaann Voila! pintu masuk Disneyland Hong Kong tepat di depan mata.

Pintu Utama Disneyland Hong Kong

Disneyland Hong Kong terbagi menjadi 7 kawasan, Ada Fantasyland, Adventureland, Grizzly Gulch, Main Street U.S.A, Mystic Point, Tomorrowland dan Toy Story Land. Di dalamnya ada ratusan wahana dan atraksi, belum lagi karnaval karakter-karakter Disney dalam gemerlap lampu yang digelar malam hari menjelang tutupnya theme park.

Jadi jelas menjelajahi Disneyland dalam 1 hari is almost impossible, apalagi jika kita membawa 2 anak kecil yang punya jam biologis tertentu. Ada kalanya mereka lelah dan harus kita ajak beristirahat di salah satu kafe, atau snack stop sebelum mulai mengantri wahana yang berikutnya. Karena wilayahnya luas, untuk pengunjung yang membawa balita disarankan membawa stroller atau kereta dorong dari rumah. Tapi jika tidak ingin repot, bisa juga menyewa stroller di Disneyland. Harga sewa 1 stroller sebesar 90 Dollar Singapura atau setara hampir 160 ribu Rupiah.

Begitu memasuki pintu gerbang Disneyland, semua pengunjung langsung berfoto. Ini waktu yang tepat untuk mengabadikan spot foto  favorit ini, karena biasanya pengunjung datang sebelum jam 10 pagi dan cahaya matahari masih mendukung untuk mendapat hasil foto terbaik. Setelah itu bersiap-siaplah memasuki dunia lain bernama Disneyland. Di sini akan terasa suasana yang berbeda, seolah-olah kita dibawa ke dunia magis yang menggelitik imajinasi.

Foto Wajib

Untuk pemanasan kami memutuskan menaiki kereta di Mainstreet Station yang terletak di kawasan Main Street, U.S.A. Wahana yang diberi nama Hong Kong Disneyland Railroad ini adalah kereta mini yang bisa dinaiki semua umur, dan rutenya melintasi seluruh kawasan Disneyland, sehingga wahana ini tepat untuk preview dan menentukan kawasan mana dulu yang akan kita jelajahi. Di sini juga Jingga & Bara Meet n Greet bersama Mickey & Minnie, serta Donald & Daisy Duck. Berfoto dengan karakter-karakter utama Disney tentu menjadi salah satu tujuan utama perjalanan ini.

Bertemu Tuan Rumah
Donald & Daisy Duck

Selanjutnya kami ke kawasan Tomorrowland, di situ ada wahana favorit kami, Star Wars Hyperspace Mountain dan Iron Man Experience. Keduanya adalah wahana yang menegangkan. Hyperspace Mountain adalah wahana tepat untuk menguji nyali dan mengocok perut. Bayangkan kita ikut dalam perang antar bintang, naik roller coasters dalam suasana gelap gulita, sehingga tidak bisa menebak ke arah mana mesin ini akan membawa kita. Kita tidak akan bisa mengantisipasi guncangan atau hempasan, saking gelapnya di dalam. Hanya kilatan-kilatan lampu yang membuat kita semakin terkejut dan pusing. hehe. Wahana ini tidak disarankan untuk yang punya penyakit jantung dan ibu hamil ya. Sebaiknya sesuaikan dengan kondisi anda.

Berpetualang di Tomorrowland

Anak-anak kami kebetulan penikmat roller coasters, jadi buat mereka, wahana ini sangat menyenangkan. Favorit kedua adalah Iron Man Experience, di sini kita akan dibawa ke dalam simulator 4D, ikut bersama Iron Man memerangi kejahatan dan menyelamatkan dunia. Ada hentakan, hempasan, angin, panasnya api karena ledakan, semua kita rasakan di dalam simulator tersebut. Saking puasnya, kami mengulangi naik wahana ini hingga 2 kali di 2 hari berbeda. Ini keuntungan beli tiket 2 days pass, di hari berikutnya jika masih ada waktu tersisa, kita bisa menikmati ulang semua wahana favorit. Oh ya, ada satu lagi spot foto paling bagus di kawasan Tomorrowland, yakni di bawah wahana Orbitron. Di sini kita akan naik pesawat luar angkasa mini, memutari orbit dengan gerakan menghentak ringan dan naik turun.

Jangan lupa berfoto di Istana Sleeping Beauty, landmark yang paling khas dari Disneyland Hong Kong. Spot foto paling bagus adalah dengan naik ke atas pagar beton, di frame akan terlihat istana secara utuh dan tidak akan terganggu dengan pengunjung lain yang sedang hilir mudik. Masuk ke dalam kawasan Fantasyland ini ada beberapa wahana yang cocok untuk putra putri usia bayi hingga SD, ada Cinderella Carousel, Dumbo The Flying Elephant,  Mad Hatter Tea Cups (semacam cangkir yang berputar) dan Fantasy Garden. di Fantasy Garden ini sering digelar Meet n Greet bersama karakter-karakter Disney Princess. Keterangan waktu sudah ada di papan-papan pengumuman, tapi untuk lebih jelasnya bisa juga bertanya pada petugas yang berjaga di jam berapa saja para Princess ini akan keluar dan menyapa pengunjung. Semua pengunjung yang ingin berfoto wajib antri terlebih dahulu.

Jingga & Cinderella

Disneyland juga menyediakan fotografer resmi untuk mengabadikan foto yang dicetak dengan pigura khusus penanda landmark, tapi harganya cukup mahal, jadi saran kami bawa saja kamera berkualitas, petugas akan membantu mengabadikan foto kita secara gratis. Di kawasan yang sama juga ada sebuah wahana mirip istana boneka, namanya “It’s a Small World”, kita diajak berkeliling dunia dalam satu putaran, budaya dan tradisi warga lokal digambarkan dengan boneka-boneka yang tertata apik.

Kawasan Toy Story Land, adalah kawasan yang terjauh dari pintu masuk utama, tapi bukan berarti tidak favorit. Di sini ada beberapa wahana yang cocok untuk anak-anak, ada Slinky Dog Spin dan Barrel of Fun. Sementara untuk yang suka tantangan lebih, bisa naik di wahana RC Racer, semacam setengah roller coaster yang gerakannya maju mundur, pengunjung akan dijatuhkan dari ketinggian sehingga merasakan sensasi luar biasa. Selain itu ada Toy Soldier Parachute Drop, kita akan naik parasut dan diayun naik turun di ketinggian, seolah sedang terbang.

Selamat Datang di Toy Story Land

Di Disneyland Hong Kong juga ada beragam hiburan pertunjukan, karnaval dan parade yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman liburan yang berkesan. Seluruh hiburan ini tersebar di berbagai kawasan, jadi pastikan anda membaca petunjuk di brosur dan peta Disneyland yang disediakan di pintu masuk. Brosur tersebut dicetak dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Catat seluruh jadwal pertunjukan termasuk detil jamnya dan pastikan anda hadir di lokasi minimal 15 menit sebelumnya agar tidak kehabisan tempat duduk.

Kami menutup petualangan di Disneyland Hong Kong setelah menikmati Parade “Disney Paint The Night” yang digelar di Main Street U.S.A jam 19.15 waktu setempat. Karnaval lampu ini menampilkan semua karakter-karakter utama Disney termasuk Disney Princesses. Pastikan anda sudah memilih tempat terdepan supaya tidak terhalang dengan pengunjung-pengunjung lain yang lebih tinggi. Durasi pertunjukan ini sekitar 40 menit. Video selengkapnya karnaval ini kami unggah di Channel Youtube Koper Mini di bit.ly/koper-mini Jangan lupa subscribe ya gaes…

Minnie Muncul di tengah Parade
Parade Disney Paint The Night

Gerak nada dan tari serta gemerlap lampu warna-warni yang indah benar-benar membuat pengalaman liburan kali ini tak terlupakan. We will absolutely come back to the happiest place on earth. Oh yes we will 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *