Menjelajahi Oslo Norwegia hanya dalam Satu Hari

Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata Oslo, ibu kota Norwegia? Aurora Borealis? Ya, Norwegia memang salah satu negara Skandinavia, tempat berburu fenomena cahaya indah dari utara ini. Jangan lupa, Oslo juga selalu masuk deretan kota termahal di dunia. Waduh, bisa tidak ya kita menghemat biaya saat berwisata di Oslo? Bisa banget. Kalau tidak percaya, ikuti ulasan tim Koper Mini berikut ini ya. Ini dia 7 lokasi wajib di Oslo yang bisa anda kunjungi hanya dengan berjalan kaki, dan gratis alias tanpa mengeluarkan biaya tiket sama sekali.

1. The Royal Palace Istana

The Royal Norwegian Palace

Warga Norwegia menyebutnya Slottet atau Det kongelige. Istana ini merupakan tempat tinggal keluarga Kerajaan sekaligus kantor Raja dan Ratu. Istana ini berada di ujung Jalan Karl Johans yang menghadap lurus ke arah Kastil Akershus Fortress. Istana ini adalah salah satu dari bangunan terpenting di Norwegia dan menjadi simbol sejarah Norwegia sejak tahun 1814. Batu pertama Istana diletakkan oleh Raja Carl Johan di tanggal 1 Oktober 1825. Istana ini resmi digunakan sejak 26 Juli 1849 oleh Raja Oscar I.

Jalan kaki menuju Istana

Tim Koper Mini berkunjung ke sini di bulan Oktober dan Oslo mulai memasuki musim gugur. Suhunya sekitar 8 hingga 12 derajat Celsius. Brrr, lumayan dingin ya, apalagi kita harus berjalan melalui taman yang amat luas, sebelum tiba di Istana ini. Nah, buat anda yang ingin menjelajahi setiap sudut Istana, anda bisa datang di musim panas. Karena bangunan Istana ini dibuka untuk publik selama musim panas.

2. Karl Johans Gate

Sepanjang jalan Karl Johans Gate dipenuhi bunga

Karl Johans gate adalah jalan utama di kota Oslo. Nama jalan ini disematkan di tahun 1852 untuk menghormati Raja Charles III John, yang juga merupakan Raja Swedia dengan gelar Charles XIV John. Jalan ini dibangun sejak tahun 1840an sebagai jalan utama yang menghubungkan Royal Palace dengan bagian-bagian lain di kota Oslo. Untuk mengunjungi landmark-landmark lainnya di Oslo, anda hanya perlu berjalan kaki dari Royal Palace dan menyusuri sepanjang Jalan Karl Johans Gate. Pemandangan di kanan kiri jalan ini sangat indah, apalagi tim Koper Mini datang di musim gugur. Dedaunan berwarna kecoklatan menambah nuansa Eropa yang cantik dan menenangkan.

3. The University of Oslo

Gedung The University of Oslo

Berjalan kaki sekitar 50 meter dari arah Royal Palace, menyusuri jalan Karl Johans Gate, coba tengok ke arah kiri dan anda akan melihat sebuah bangunan klasik khas Eropa dilengkapi dengan bendera Norwegia. Apakah ini Balai Kota? Oh, ternyata bukan. Ini adalah gedung lama The University of Oslo, Universitas tertua di Norwegia. Sebelum tahun 1939, Universitas ini menyandang nama The Royal Frederick University. The University of Oslo (UiO) dikenal sebagai salah satu pusat riset terbaik di Eropa, dan masuk di ranking 63 Universitas terbaik di dunia.

4. The Norwegian Parliament

tim Koper Mini di depan Gedung Parlemen Oslo

Dari University of Oslo, lanjutkan berjalan kaki ke arah Centrum. Untungnya jalur pedestrian di sini amat luas dan nyaman. Di kanan kiri anda akan melihat sederet pertokoan dan gedung perkantoran. Sampai anda berhenti di depan sebuah bangunan unik berbata kuning dan lantai granit. Sepertinya perpaduan gaya Italia dan Perancis. Uniknya lagi, di depan gedung yang dibangun sejak tahun 1860 ini ada bangunan setengah lingkaran yang berfungsi sebagai ruang debat. Inilah Gedung Parlemen Oslo, warga Norwegia menyebutnya Stortingsbygningen. Gedung ini mulai digunakan sejak tanggal 5 Maret 1866 dan didesain oleh arsitek asal Swedia bernama Emil Victor Langlet.

5. The National Theater

The National Theater of Oslo

Dari Gedung Parlemen, coba belok ke arah kanan. Di tengah taman yang rimbun, anda akan mendapati Gedung cantik bertuliskan “The National Theater”. Awalnya bernama Christiania Theater yang didirikan sejak tahun 1829, namun sejak tahun 1899 namanya diubah menjadi National Theater. Theater ini merupakan Salah satu teater terbesar di Norwegia. Gedung ini didesain oleh seorang arsitek bernama Henrik Bull.

Saat tim Koper Mini berkunjung di pagi hari, kawasan ini masih cukup sepi, jadi kami puas berfoto di depan patung penulis kenamaan Norwegia bernama Henrik Ibsen dan Bjornstjerne Bjornson.

6. Balai Kota Oslo

The City Hall of Oslo

Dari The National Theater, berjalanlah lagi ke arah Pelabuhan, sekitar 200 meter dari sini anda akan mendapati gedung yang terbuat dari batu bata ekspos berwarna merah dan memiliki tower kembar. Dua tower ini ternyata memiliki ketinggian yang berbeda, tower pertama setinggi 63 meter dan yang satu lagi setinggi 66 meter. Ini dia Balai Kota Oslo! Warga lokal menyebutnya Oslo Radhus. Balai kota yang dibangun pada tahun 1931 ini adalah bangunan multiguna, selain sebagai pusat pemerintahan kota Oslo, juga berfungsi sebagai kantor beberapa organisasi masyarakat, museum dan tempat penyelenggaraan penganugerahan Nobel yang dilaksanakan setiap bulan Desember.

7. Oslo Opera House

Di seberang Oslo Opera House

Ini dia bangunan modern paling ikonik di Oslo, Norwegia, the Oslo Opera House. Anda cukup berjalan menyusuri pinggir pelabuhan untuk menemukan bangunan ini. Gedung ini dibuka sejak tahun 2008 dan didesain oleh seniman Norwegia bernama Kristian Blystad, Kalle Grude dan Jorun Sannes. Uniknya lagi, atap gedung ini sengaja didesain untuk bisa dijelajahi oleh pengunjung. Mereka bisa berjalan kaki di atas atap dan memandangi panorama pelabuhan yang menakjubkan.

Di dalam gedung ini ada beberapa bagian utama, yakni ruang publik, ruang pertunjukan dan Hall atau ruangan luas untuk pameran. Gedung ini merupakan rumah bagi lebih dari 600 opera dan seniman balet professional.

Persewaan sepeda di jalur pedestrian seberang Oslo Opera House

Untuk mengambil foto lansekap yang sempurna, anda perlu menjelajahi kawasan pedestrian di seberang gedung Opera. Di sini juga terdapat persewaan sepeda, dan sederet kuliner khas Norwegia. Salah satunya, food truck ini. Untuk anda yang berselera internasional, tenang saja, mereka juga menyediakan kudapan seperti Sandwich dan Pizza kok.

Menikmati sore sambil nongkrong seru di sini

Hmm, sekarang sudah menjelang sore hari. Jika ingin menikmati matahari terbenam, di sinilah lokasi yang tepat. Seperti tim Koper Mini, anda bisa duduk-duduk di bangku taman sambil mengamati warga lokal menghabiskan sore mereka. Waah, kenangan indah tentang Oslo akan selalu terukir di benak kami 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *