Berimajinasi di Universal Studios Singapore

Mengunjungi The Little Red Dot (Singapura -red) tanpa mampir ke Universal Studios ibarat makan sayur tanpa garam, hambar nian. hehe. Karena itu kami sekeluarga meletakkan Universal Studios Singapore (USS) di daftar teratas itinerary perjalanan Malaysia-Singapura Desember 2017 ini. Harga tiket masuk USS memang lumayan mahal, tapi berbekal riset dan perbandingan sana sini, akhirnya kami berhasil mendapat tiket sekeluarga (4 orang) dengan harga yang masuk akal. Ternyata membeli tiket amusement park akan lebih murah dengan sistem bundling atau paket. Tiket USS kami dapatkan setelah dipaket dengan tiket Singapore Flyer.

Karena hotel tempat kami menginap di Balestier Road berada persis di samping bus stop atau halte, kami memilih berkeliling Singapura dengan bus. Sebagai turis, pilihan transportasi bus memang paling pas karena sambil berkeliling kota kita juga bisa menikmati pemandangan, beda sekali kalau kemana-mana naik MRT. hehe. Jingga dan Bara juga sangat menikmati transportasi publik di sini, semuanya on time, antrian penumpang sangat teratur dan yang terpenting armadanya bersih.

Untuk menuju ke USS yang lokasinya ada di Sentosa Island, kami menaiki bus nomor 31 ke Vivo City. Vivo City ini adalah Mal atau pusat perbelanjaan terluas di Singapura, yang di kawasannya juga terdapat HarbourFront MRT station dan kereta monorail menuju Pulau Sentosa yang disebut “The Sentosa Express”.  Setelah membeli tiket shuttle “The Sentosa Express”, kami langsung bisa hop on dan menikmati pemandangan harbourfront yang cantik. Tak sampai 5 menit, kereta kami sudah sampai di Pulau Sentosa. Welcome to Universal Studios Singapore! jangan lupa berfoto di depan bola dunia bertuliskan Universal Studios, karena ini adalah landmark terfavorit untuk mengabadikan foto. Tapi jangan menghabiskan waktu terlalu lama berfoto di sini, karena petualangan yang sesungguhnya ada di balik pagar USS itu.

Spot Foto Wajib!

Area pertama yang menyambut para pengunjung adalah Hollywood. Sesuai namanya, di sini wisatawan akan dimanjakan dengan meet n greet bersama karakter-karakter lucu seperti Sesame Street, Minions hingga Marilyn Monroe! Seru kaan…

Tidak Sabar Ketemu Elmo

Kami sarankan anda datang sejak pagi, karena Theme Park ini akan tutup jam 10 malam, padahal selain Hollywood masih ada 6 kawasan lain yang akan membuat petualangan di Universal Studios semakin bermakna. Ada kawasan New York, Sci-Fi City, Madagascar, Far Far Away, The Lost World dan Ancient Egypt. Favorit kami adallah Sci-Fi City, karena ada Game 4D Transformers The Ride. Di sini kita diajak berpetualang bersama Optimus Prime dan The Autobots.

Wah ini jelas favoritnya adik Bara, yang hafal semua karakter-karakter di The Transformers. Wahana ini sebenarnya mirip dengan wahana Iron Man di Disneyland Hong Kong. Pengunjung dibawa ke arena peperangan antar Robot. Buat pengunjung yang gampang mabuk atau punya tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, wahana ini tidak disarankan ya. Selain itu di USS juga tersebar beberapa jenis roller coaster mulai dari yang easy sampai yang it’s complicated. Tercatat ada 2 wahana roller coaster yang dilabeli peringatan dari petugas, pertama adalah roller coaster di area Sci-Fi City, namanya Battlestar Galactica: Cyclon. Dan satu lagi di area Ancient Egypt, namanya Revenge of the Mummy.

Keduanya adalah tipe high speed roller coasters dengan gerakan tiba-tiba yang menghentak, berputar, terjun dan mendaki, jadi sangat tidak disarankan untuk dinaiki pengunjung yang punya riwayat kesehatan kurang baik. Sesuaikan dengan kondisi anda ya, kalau sedang membawa anak kecil sebaiknya pilih wahana yang children friendly.

Petugas USS juga akan menseleksi anak-anak berdasarkan tinggi badannya. Di setiap pintu masuk wahana, dilengkapi dengan alat pengukur tinggi badan. Tidak perlu berbohong soal tinggi badan karena ini demi keselamatan anak-anak kita.

Setelah puas berkeliling kawasan Sci-Fi, kami segera menuju ke Far Far Away, karena di situ ada istana yang jadi favoritnya si kakak. Biar adil, adiknya sudah dapat wahana Transformers, sekarang giliran si kakak ketemu Princess. Tapi karena rutenya sejalan, kita sebaiknya mampir ke area Madagascar,  supaya tidak bolak-balik dan menghabiskan waktu. Di Madagascar kami naik perahu yang membawa kita berpetualang ke hutan. Sementara di Kastil Far Far Away kami menikmati pertunjukan 4D Shrek dan Princess Fiona. Di dalam bioskop ini kami sedikit kebasahan karena disemprot air dan juga kegelian karena kaki kami seperti diterjang laba-laba, hahaha, persis seperti jalan cerita pertunjukan ini. Saya dan suami sudah 2 kali masuk ke wahana ini tapi tetap saja kaget dengan kejutan-kejutan di dalamnya. Oh ya, kunjungan kami ke USS sebelumnya di tahun 2010.

Di kawasan The Lost World kami menikmati pertunjukan Water World, ini juga kali ke-2 kami menonton pertunjukan peperangan yang dilengkapi dengan aksi heroik para stuntmans ini. Belum lagi efek ledakan dan api yang benar-benar terasa sampai ke wajah. Pertunjukan ini agak keras ya kalau ditonton bersama anak kecil, jadi saran kami berikan pengertian yang cukup untuk anak-anak bahwa adegan kekerasan di sini hanya drama, dan tidak boleh ditiru.

Selanjutnya kami terbang dengan Burung Dinosaurus dan menikmati pemandangan USS dari atas. Wow keren sekali! Masih banyak wahana-wahana lain menanti, jadi jangan lupa isi bensin dulu. Kami memutuskan makan siang di kafe di dalam USS, sudah bisa ditebak, harga makanannya lumayan mahal. Untuk makan berempat dengan minum kira-kira menghabiskan 50 Dollar Singapura atau setara 500 ribu rupiah. Kalau mau hemat, siapkan botol kosong ya, di berbagai sudut di USS ada tap water gratis, jadi silakan dimanfaatkan.

Lanjut lagi berpetualang ke area Ancient Egypt, kami masuk ke wahana dan mengendarai Jeep untuk pergi berburu. hehe. Meskipun menurut kami yang dewasa, wahana ini cemen saja, alias ga ada seru-serunya. Tapi anak-anak hepi loh. Karena si adik menolak masuk ke kawasan The Mummy karena takut, kami tidak jadi naik roller coaster yang serem ini. Padahal sih emaknya bilang alhamdulillaah..pfiuuuh. Bapaknya aja yang penasaran. hehe

Spot Foto di Malam Hari

Kami menutup petualangan kami di USS di kawasan New York City. Sampai di kawasan ini, matahari sudah terbenam, persis jam 19.30 ada pertunjukan berjudul Christmas Star, kebetulan kami datang tepat di bulan Desember menjelang natal, jadi USS sudah mempersiapkan pertunjukan khusus seputar natal. Ada juga pohon natal raksasa dan Sinterklas yang disiapkan untuk menghibur pengunjung. Video selengkapnya tentang pertunjukan menarik ini akan kami posting di channel Youtube Koper Mini http://bit.ly.koper-mini ya. Jangan lupa subscribe gaes 🙂

Kalau mau nonton video lengkap petualangan kami di Universal Studios bisa klik di bawah ini ya. Jangan lupa subscribe channel YouTube Koper Mini 🙂