Banjir Atraksi di Ocean Park Hong Kong

Theme Park yang wajib dikunjungi di Hong Kong selain Disneyland adalah Ocean Park (OP). Sebelum riset, saya terbayang Ocean Park ini adalah kawasan wisata air semacam water park di Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia, atau sebuah aquarium raksasa semacam Sea World di Ancol, tapi ternyata dugaan saya sangat keliru. Ocean Park adalah theme park yang sangat lengkap dan kaya atraksi. Ada permainan-permainan menegangkan semacam roller coasters, ada aquarium raksasa, ada outdoor park yang menarik, air mancur menari, bahkan ada cable car atau kereta gantung yang menawarkan pemandangan Hong Kong Bay yang cantik.

Kereta Gantung di Ocean Park
Hong Kong Bay dari Ketinggian

Melihat luasnya kawasan ini, kami agak salah prediksi dengan hanya menyediakan seharian penuh di sini, dari pagi saat theme park buka, hingga malam hari menjelang tutup. Padahal jika ingin lebih puas menjelajah semua wahana dan atraksi, sebaiknya kosongkan 2 hari penuh itinerary untuk mengunjungi theme park ini.

Tiket Ocean Park kami beli secara online dari Jakarta di klook.com. Seperti biasa, ini setelah melalui berbagai perbandingan harga dengan situs-situs penjualan tiket lainnya. Kami sengaja mengalokasikan hari ke-2 di Hong Kong untuk pergi ke theme park ini. Kami berangkat pagi setelah sarapan dari JJ hotel di kawasan Wan Chai dengan menumpang MTR (kereta bawah tanah) menuju Admiralty Station. Lalu dari Admiralty ada MTR khusus South Island Line yang akan membawa anda ke Ocean Park Station. Pintu utama Ocean Park tepat ada di depan stasiun ini.

Ocean Park terdiri atas 8 kawasan, antara lain Amazing Asian Animals, Aqua City, Polar Adventure, Rainforest, Thriller Mountain, Adventure Land, Whiskers Harbour dan Marine World. Masing-masing kawasan dilengkapi belasan hingga puluhan atraksi dan wahana.

Di Pintu Masuk Ocean Park

Setelah berfoto di landmark “Ocean Park”, kami bergegas menyusuri Aqua City, di sini kita akan naik Cable Car atau kereta gantung yang memang masuk dalam target utama kami. Bayangkan, kita bisa menikmati pemandangan laut dan bukit dalam satu wahana. Wow! Kereta gantung ini menjelajah jalur sepanjang 1,5 kilometer. Benar-benar 15 menit yang berkesan. Cable car ini kerap digunakan pengunjung untuk pergi ke belahan yang lain dari theme park ini, yakni The Summit.

Menuju The Summit
Di dalam Kereta Gantung

Di The Summit ada kawasan-kawasan yang dipenuhi atraksi lain, termasuk roller coasters terbesar Ocean Park yang ada di kawasan The Thriller Mountain.

Wahana paling berkesan berikutnya adalah Ocean Park Tower. Ini adalah sebuah anjungan yang akan membawa pengunjung naik berputar 360 derajat dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Wahana ini berputar sangat pelan sehingga membuat penumpangnya nyaman dan tidak pusing. Pengunjung disuguhi pemandangan seluruh kawasan Ocean Park dari ketinggian. Termasuk cantiknya Pelabuhan Aberdeen. Sangat indah! Video kami menaiki Ocean Park kami upload di channel Youtube Koper Mini. Jangan lupa subscribe ya gaes.

Di dalam Ocean Park Tower

Petualangan kita belum separuh jalan, jadi jangan lupa makan siang biar kaki semakin kuat melangkah. Kami sengaja memesan tiket masuk OP combo dengan paket makan siang, supaya simpel dan pastinya lebih ekonomis. Apalagi lokasi makan siang kami bukan restoran biasa. Namanya Bayview restaurant. Bisa ditebak dari namanya, sambil mengisi perut kami juga disuguhi pemandangan Teluk Hong Kong dari atas. Kebetulan cuaca sedang cerah. Meski anginnya cukup kencang, suhu cukup bersahabat untuk makan di luar, yakni 25-26 derajat Celsius.

Wahana Seru di Ocean Park

Setelah melepas lelah, kami segera bergegas ke kawasan Aquarium. Ada Pacific Pier, di sini Jingga & Bara puas melihat polah lucu si Singa Laut. Begitu bebasnya mereka berenang di air yang bersih dan kebiruan. Segar sekali di mata. Ada pula Shark Mystique, di sini anak-anak deg-degan sekaligus excited melihat hiu. Ya, ini hiu yang besar dengan gigi taring yang siap melahap apapun di depannya. Whooaa! Sekilas kesan kami, seluruh kolam-kolam ini dirawat dengan sangat baik, semua sudut wahana terlihat bersih. Pengunjung jadi semakin nyaman dan membebaskan anak-anak bereksplorasi.

Oh ya, di kawasan Adventureland juga ada eskalator yang sangat tinggi, coba naik dan turun eskalator ini dan dapatkan pengalaman berbeda saat berpetualang di Ocean Park. Karena hari menjelang sore, kami memutuskan naik Roller Coaster ukuran sedang. Bukan yang tertinggi itu, selain karena anak-anak belum cukup tinggi, juga karena emaknya ini penakut berat. hahahaha…

Dan menaiki roller coaster di sore hari itu keputusan tepat,  Selain tidak terpapar panas matahari, di sela hentakan dan hempasan roller coasters, kami bisa melihat matahari terbenam di Teluk Hong Kong. Subhanallah, indah sekali.

Senja di Ocean Park

Karena ingin menghabiskan malam di area pasar malam di dekat pintu utama Ocean Park, kami kemudian turun dengan menumpang Ocean Express dari Summit Station. Ocean Express ini adalah sebuah tram yang punya rute pulang pergi dari Waterfront Station dan Summit Station dengan durasi perjalanan hanya 4 menit saja. Perjalanan sejauh 1,3 kilometer ini akan sangat menarik, karena kereta ini mensimulasikan petualangan di bawah laut seolah-olah kita sedang menaiki sebuah kapal selam.

Hari mulai malam, di dekat area pintu masuk sedang digelar pasar malam dan bazaar makanan. berbagai jenis makanan dijual di sini, berbaur dengan hiburan untuk segala umur. Suasananya sangat menyenangkan hingga kami agak lupa waktu. Kami juga berkesempatan melihat air mancur menari di sini. Theme Park hampir tutup, kami akhirnya melangkahkan kaki ke Ocean Park Station untuk menaiki kereta MTR menuju Admiralty. Barulah terasa kaki-kaki ini luar biasa pegalnya, mungkin karena sedari tadi kami riang gembira. Hormon oksitosin telah melumpuhkan rasa lelah yang mendera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *