Berburu Makanan Halal di Hong Kong

Untuk traveler muslim yang memiliki diet “no pork” memang agak susah-susah gampang mencari makanan halal di Hong Kong. Tapi bukan berarti impossible. Penduduk Hong Kong yang muslim kini berjumlah sekitar 95 ribu orang. Restoran bersertifikasi halal pun sudah tersebar di berbagai sudut Hong Kong, meski jumlahnya tak lebih dari 100 restoran. Sebelum berangkat liburan ke Hong Kong, kami terlebih dahulu melakukan riset dan mencari titik-titik yang menjual makanan halal, karena kebutuhan makan harus dipenuhi tiga kali sehari, maka riset ini menjadi penting. Kami memutuskan mencari hotel di sekitar Islamic Center, karena sudah pasti di situ banyak komunitas muslim yang juga memiliki kebutuhan yang sama akan makanan halal.

Masjid Ammar dan Osman Ramju Sadick Islamic Centre

Distrik yang kami pilih adalah Wan Chai di Causeway Bay. Di sini ada sebuah masjid yang terletak di sebuah gedung di Jalan Salvation Army Street. Namanya Masjid Ammar dan Osman Ramju Sadick Islamic Centre. Kabar baiknya di lantai 5 gedung ini ada sebuah kantin yang menghidangkan berbagai makanan Chinese dan Asian yang seratus persen halal.

Salah satu favorit kami adalah aneka Dim Sum yang dijual di sini. Selain variannya yang banyak,rasanya pun sangat nikmat.

Sieuw May
Ha Kau

Untuk menu lain seperti sayuran dan lauk komplit porsinya cukup besar, bisa dinikmati oleh 3 orang dewasa. Kantin ini juga dikenal dengan menu yang cocok untuk vegetarian. Harga makanan berkisar antara 15 hingga 60 Dollar Hong Kong atau setara 25 ribu hingga 100 ribu rupiah.

Kami melihat warga muslim dari berbagai ras berkumpul di sini. Kantin semakin ramai saat jam makan siang tiba. Ada yang asli Tiongkok, ada yang dari ras India, dan kami yang Melayu. Semua bercampur menjadi satu demi makanan-makanan halal ini. Pelayannya yang orang lokal Hong Kong juga sangat ramah dan sepertinya terbiasa melayani pelanggan dari berbagai negara. Selain berkomunikasi dengan bahasa inggris, kami juga bisa saling mengirim sinyal dengan bahasa tubuh alias bahasa tarzan. hehe, terutama jika mereka mulai bingung dan tidak memahami maksud kami dalam bahasa inggris.

Makan Nikmat dan Halal

Kantin ini buka di hari kerja (senin s/d jumat) dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam. Jika anda datang dari kawasan yang berbeda, anda bisa menaiki MTR dan turun di Causeway Bay Exit A.A lalu jalan kaki sekitar 10 menit menuju ke kantin ini.

Restoran halal lainnya yang direkomendasikan, namun belum sempat kami kunjungi ada di belahan lain Wan Chai, tepatnya di Bowrington Road Market. Menu halal yang paling favorit di sini adalah roast duck atau bebek panggang. Lokasinya ada di dalam Cooked Food Centre. Jika anda datang dari kawasan lain, anda bisa menaiki MTR dan turun di Causeway Bay Station exit A – Times Square lalu jalan kaki sekitar 7 menit ke pasar ini. Food Centre ini lokasinya ada di lantai 2 Bowrington Road Indoor Market. Di sini, menu paket bebek panggang dengan nasi putih dihargai 40 Dollar Hong Kong atau setara 70 ribu rupiah.

Rekomendasi berikutnya adalah Ma’s Restaurant yang ada di kawasan Kowloon. Jika anda datang dari kawasan lain, anda bisa menaiki MTR dan turun di Prince Edward Exit E.A dan kemudian jalan kaki sekitar 5 menit ke restoran ini. Alamat tepatnya di Shop A, 21-25 Cheung Sha Wan Road, Kowloon. Di sini menunya bervariasi dari beef (daging sapi), mutton (domba dewasa) dan lamb (domba muda). Harganya berkisar antara 10 hingga 30 Dollar Hong Kong atau setara 18 ribu hingga 60 ribu rupiah. Restoran ini buka setiap hari dari jam 11.30 siang hingga jam 11 malam.

Di saat kita traveling ke titik-titik lain di Hong Kong, pastikan untuk bertanya dulu kepada pelayan restoran, apakah menu yang mereka sajikan halal atau tidak. Kalaupun tidak ada label halal, yang penting tidak ada varian pork di daftar menu mereka, itu saja menurut kami sudah cukup aman. Ada juga pegawai restoran yang baik hati, melihat saya mengenakan kerudung mereka paham bahwa saya muslim dan berbaik hati menginfokan bahwa makanan mereka tidak halal. Biasanya saya langsung mengucapkan terima kasih dan melipir dari sana. hehe. Pilihan paling aman lainnya adalah makan-makanan fastfood, di sini rata-rata McDonalds dan KFC hanya menyajikan menu beef dan chicken. Dan gerai makanan cepat saji tersebar di banyak sudut komersial kota Hong Kong. Untuk menemukan restoran-restoran bersertifikasi halal lainnya, kita juga bisa melihat referensinya dari situs resmi Hong Kong Tourism Board, yaitu www.discoverhongkong.com. Beberapa restoran yang dicantumkan di antaranya restoran masakan India, The Great Indian Kebab Factory di Wellington Street, Central, Hong Kong Island dan juga ada Spice Restaurant, yakni restoran masakan Asia yang terletak di kawasan Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hong Kong. Happy hunting!

Comments

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *