Berakhir Pekan di Royal Amaroossa Hotel Bogor

Sebelum memutuskan akan staycation di mana saat akhir pekan, kami terbiasa melakukan riset tujuan wisata terlebih dahulu. Karena akhir pekan ini cukup singkat, kami hanya akan berkunjung ke area Kebun Raya Bogor dan sekitarnya. Sebenarnya kami sudah pernah mampir di Kebun Raya sebelumnya, selain kepentingan pekerjaan, kami pernah juga membawa si sulung saat dia masih berusia setahun untuk belajar berjalan di rerumputan Kebun Raya. Perjalanan kali ini akan menjadi kunjungan pertama si bungsu ke Kebun Raya. Kami ingin sekali mengajak mereka merasakan pengalaman yang berbeda. Sepekan sebelumnya, anak-anak memang ribut minta piknik. Bukaan… bukan piknik ala-ala selebritas instagram yang keliling Pulau-pulau terluar Indonesia. Mereka hanya minta piknik, dengan menggelar kain di atas rumput, sambil duduk menikmati kudapan dan semilir angin. Persis seperti aktifitas yang terlihat di foto keluarga kami. Ya, di foto keluarga yang terpampang di ruang makan, kami berempat memang terlihat sedang berpiknik. Bedanya foto itu diabadikan di studio, dan ada seseorang yang kreatif mengeditnya dengan digital imaging sehingga terlihat seperti sedang berada di tengah hamparan rumput luas, lengkap dengan kelinci-kelinci di sekitar kami. Hahaha…Imaji ini ternyata berbekas di  benak anak-anak, sekarang mereka minta piknik sungguhan. Yes, the real picnic!

Kami membuka aplikasi pencarian hotel untuk menemukan penawaran harga paling menarik. Tapi kami memesan hotel H minus 1. Jadi ada hotel lain yang jadi target, sudah full booked akhir pekan itu. hahaha, jangan ditiru ya. Semakin lama persiapan piknik, tentu makin baik. Setelah membanding-bandingkan plus minusnya, kami lalu memilih Hotel Royal Amaroossa Bogor yang letaknya persis di depan Tugu Kujang, ikon kebanggaan warga Kota Hujan. Tipe kamar standar termasuk sarapan dihargai sekitar 800 ribuan. Yang membuat kami tertarik, selain lokasinya yang strategis, juga karena interiornya yang khas victorian style, klasik dan berkelas. Berbeda sekali dengan pilihan-pilihan hotel kami sebelumnya yang selalu modern, minimalis dan clean style. Hitung-hitung memberi pengalaman baru untuk anak-anak ya.

Terletak di Jalan Otto Iskandardinata Bogor

Kami sampai di Hotel Bintang 4 ini sore setelah kami berkunjung ke Kebun Raya. Hotel ini terlihat megah berdiri di depan Tugu Kujang yang dihiasi cahaya lampu. Sayangnya area parkir hotel rupanya cukup sempit, sehingga semua mobil yang menginap akan diberikan layanan valet service. Jadi setelah kami menurunkan barang, mobil kami diparkirkan oleh petugas. Di saat check in, kami disambut welcome drink, jus sirsak yang segar. Lalu sampailah kami di kamar yang terletak di lantai 6. Tak disangka, kami bisa melihat Tugu Kujang persis dari depan jendela kamar kami. Di bawah sana terlihat lalu lintas ramai hilir mudik, jalanan sepanjang Kebun Raya dihiasi cahaya lampu yang apik.

Interior Kamar Klasik & Elegan

Seperti terlihat di aplikasi pemesanan hotel, kamar hotel ini sangat cantik, dipenuhi detil khas Victorian, dari cermin, tempat tidur, lampu, bahkan tirai. Kamar mandi pun demikian. Peralatan cukup lengkap, termasuk sebuah hair dryer atau pengering rambut. Satu-satunya yang terlihat modern hanya dudukan toilet keluaran brand ternama. Lainnya terlihat klasik, rumit dan elegan. Tempat tidurnya cukup nyaman, dilengkapi linen putih yang bersih dan modern. Sentuhan klasik di area bed hanya terlihat dari kain bermotif emas yang menghiasi bagian bawah kasur.

Pernak-pernik tak lekang zaman
Interior Kamar Mandi

Untuk yang suka berenang di pagi hari, kolam renang ada di lantai 2, Kolam ini terletak di dalam gedung alias indoor, sehingga tidak perlu khawatir terpapar sinar matahari. Sayangnya ukuran kolam renang kecil, hanya cocok untuk anak-anak bermain air. Selain itu airnya dingin, tidak tersedia jacuzzi atau kolam air hangat di sini.

Kolam Renang Indoor

Sarapan seperti biasa disediakan dari pukul 6 hingga pukul 10 pagi. Kami lihat jenisnya cukup bervariasi, meski kalau soal rasa menurut kami tidak terlalu istimewa. Di restoran yang terletak di samping resepsionis ini, terlihat berbagai jenis sajian, dari makanan pembuka, main course, dessert berupa buah, hingga kudapan seperti roti, kue dan pudding. Alternatif untuk yang membawa anak-anak, ada juga pojok sereal, di situ terdapat 2 jenis cornflakes berwarna kuning dan cokelat. Jingga & Bara sangat suka cornflakes ini.

Puding Buah ala Royal Amaroossa
Roti Unyil

Satu yang menurut kami layak membuat hotel ini jadi pilihan, yakni lokasinya yang strategis dengan keramaian dan dekat dengan Kebun Raya. Hotel ini berada sangat dekat dengan Mall Botani Square dan gerai Kentucky Fried Chicken (KFC). Semua keramaian bisa ditempuh in a walking distance. Di sudut seberang Tugu Kujang, terdapat trotoar dengan lebar sekitar 6 meter yang di akhir pekan selalu ramai oleh warga Bogor yang ingin berjalan kaki, berolah raga dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Sekitar 800 meter dari hotel, kita sudah sampai di Pintu masuk Kebun Raya Bogor. Jarak sejauh itu tidak terasa, karena anak-anak sangat menikmati bersepeda, cuaca pun cerah dengan angin sejuk khas kota Hujan. Kota ini teduh dan menentramkan, rasanya ingin selalu kembali ke Bogor.