Menjelajah Legoland Malaysia

Akhirnya, hari yang dinanti-nanti telah tiba. Inilah awal perjalanan kami menjelajah Johor Bahru, Malaysia dan Singapura selama sepekan. Setelah rangkaian tes semester pertama selesai, kami menghadiahkan sebuah perjalanan untuk Jingga yang saat ini duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kelas 1. Kebetulan waktunya pas sekali, di bulan Desember, Bara genap berulang tahun ke-5, jadi trip kali ini juga menjadi kado ulang tahun untuk si adik. Saya dan suami memilih pesawat yang mendarat langsung di Johor Bahru agar tenaga tidak terkuras di perjalanan. Apalagi besoknya seharian kami akan menghabiskan waktu di Legoland.

Landing jam 11 malam waktu Johor Bahru, kami segera meluncur dari Bandar Udara Internasional Senai menuju Apartemen Infinity Residence, tempat kami menginap. Kami mendapat harga cukup ekonomis di situs airbnb.com untuk apartemen 2 bedroom berfurnitur modern minimalis yang keren.

Apartemen ini letaknya hanya 200 meter dari Legoland. Artinya benar-benar in a walking distance. Untuk yang tidak punya budget khusus untuk menginap di Legoland Hotel, apartemen ini bisa jadi pilihan, apalagi jika anda traveling bersama keluarga besar. Video selengkapnya kami unggah di Channel Youtube Koper Mini. Jangan lupa subcribe ya gaes.

Legoland Malaysia pertama kali dibuka di tahun 2012. Sebagai taman hiburan Legoland pertama di Asia, area ini ditargetkan memuaskan pengunjung dari seluruh Asia untuk berpetualang di dunia lego. Taman hiburan Legoland dimiliki Merlin Entertainment yang merupakan perusahaan hiburan terbesar di Eropa. Merlin Entertainment Mengelola 144 arena hiburan di 23 negara di 4 benua.

Kami membeli tiket Legoland secara online dari Jakarta. Setelah membanding-bandingkan harga, kami mendapat tawaran menarik dari traveloka.com. Harga tiket combo (themepark+waterpark) untuk 2 dewasa dan 2 anak totalnya 1,8 juta rupiah. Situs lain yang biasanya kami kunjungi untuk hunting tiket attractions adalah klook.com, bisa juga menjadi alternatif untuk perbandingan harga.

Masuk ke Legoland lewat Mall of Medini

Alhamdulillah cuaca hari itu cerah, meskipun kami datang di hari Minggu yang notabene akhir pekan, ternyata pengunjung tidak terlalu ramai, masih cukup banyak ruang untuk berfoto. Sayangnya di saat kami datang, gerbang utama Legoland yang jadi obyek foto wajib para pelancong, sedang dalam renovasi. Satu-satunya background yang cukup instagrammable adalah tulisan “Legoland” di atas bukit. Bagi anda yang lupa membawa tongsis, jangan khawatir karena petugas Legoland akan membantu mengabadikan foto keluarga anda di titik terbaik.

Di pintu masuk, penjaga pintu sempat menyarankan kami menikmati waterpark terlebih dahulu,  namun kami tetap memilih untuk mengawali petualangan kami di area theme park karena menurut kami, kawasan ini lebih utama. Themepark Legoland Malaysia terbagi menjadi 7 Kawasaki tema, Lego City, Lego Technic, Miniland, Land of Adventure, Lego NinjaGo World, Imagination, dan Lego Kingdom.

Welcome to Miniland!

Untuk pemanasan, menghabiskan waktu di Miniland bisa menjadi pengalaman menarik. Miniland ini sebenarnya bentuknya seperti Madurodam di Belanda. Isinya miniatur kota atau negara lengkap dengan landmarknya, dan semuanya dibuat dari Lego. Yap, lego yang supermini itu disusun dengan sedemikian detilnya hingga menyerupai ikon-ikon landmark sejumlah negara di Asia. Wah, kebayang ya berapa lama merangkainya? hehe.

Berikutnya yang jadi favorit anak-anak, area Lego NinjaGo World. Bara sangat hafal semua karakter Ninja Go, dia yang mengabsen satu persatu tokoh NinjaGo saat kami memasuki arena The Ride. Serunya lagi kita bisa ikut menghalau musuh dengan mengambil posisi siaga dan menyerang. ciaat…ciaat…serunyaa! Saya dan suami ikut menikmati peperangan virtual ini. Anak-anak juga tergelak beberapa kali karena karakter-karakter NinjaGo yang lucu.

Kami memutuskan rehat makan siang di area makanan Italia. Di resto yang ber-AC dan nyaman ini, tersaji menu-menu ala Italiano seperti Pizza dan Pasta. Kami memilih menu combo family seharga 90an Ringgit, atau setara hampir 300 ribu rupiah. Isinya paket makanan dan minuman yang sangat cukup untuk kami berempat. Oh ya, sedikit tips untuk berhemat di Legoland, sebisa mungkin membawa botol kosong dari hotel, karena di berbagai titik disediakan tap water yang layak minum. Kita tinggal menampungnya di dalam botol kecil yang bisa kita bawa di tas. Bisa menjadi pelepas dahaga di tengah terik atau saat terjebak antrian yang panjang. Dan yang terpenting, tap water ini gratis. hehe

Setelah mengisi perut, kami melanjutkan petualangan berikutnya. Salah satu yang juga berkesan adalah naik observation tower di area Imagination. Dengan pemandangan 360 derajat, kita bisa menikmati pemandangan area Legoland dan Nusajaya dari ketinggian. Well, sebenarnya sensasinya masih kurang wow dibandingkan observation tower yang pernah kami naiki di Ocean Park Hong Kong. Bisa jadi karena yang di Hong Kong posisinya lebih tinggi dengan separuhnya pemandangan teluk Hong Kong yang indah. Sementara di Legoland hanya pemandangan darat dan bukit.

Mencari tantangan, kami pun menaiki beberapa jenis roller coaster dari yang mini, sedang sampai yang menakutkan yang tersebar di beberapa area. Sayang, wahana yang kami incar, Virtual Reality sedang sangat padat, antriannya lebih dari 30 menit, jadi kami langsung memutuskan pergi ke Water Park mengingat hari semakin sore.

Bagi anda yang membeli tiket combo 1 hari theme park dan water park sebaiknya mengalokasikan waktu yang cukup untuk bisa menjelajah keduanya.

Dan tentu saja jangan lupa membawa peralatan renang, mulai dari swimsuit, kacamata renang, dan pelampung mini (opsional). Di area water park disediakan ruang ganti dan ruang mandi yang cukup memadai meskipun pengunjung membludak. Oh ya, ada juga loker-loker yang disewakan untuk tempat kita menyimpan barang-barang dan tas.

Area water park ini memang tidak seluas theme park, namun variasi permainannya cukup untuk memuaskan pengunjung. Anak-Anak kami memang hobi berbasah-basah sehingga terlihat sangat menikmati permainan water splash dan berkeliling kolam air raksasa dengan menggunakan pelampung. Seiring senja di ufuk barat, kami menutup petualangan di dunia Lego dengan senyum mengembang.

Kalau mau nonton video lengkap apartemen airbnb tempat kami menginap di dekat Legoland, bisa klik di bawah ini ya. Jangan lupa subscribe channel youtube Koper Mini ya 🙂