Liburan di Batu Secret Zoo, Kebun Binatang Terlengkap di Jawa Timur

Yang sudah pernah berkunjung ke Batu Secret Zoo pasti sepakat lokasi wisata ini bukan kebun binatang biasa. Ini memang bukan kunjungan pertama tim Koper Mini ke kawasan wisata keluarga ini, tapi setiap berlibur ke sini, anak-anak selalu menikmatinya. Mereka tidak hanya terhibur dengan tingkah polah binatang-binatang lucu, tapi mereka juga selalu dapat pengetahuan baru tentang satwa.  

kebun binatang modern yang memiliki luas sekitar 14 hektar ini merupakan bagian dari Jatim Park 2. Lokasinya berada di Jalan Raya Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi, kita perlu berkendara selama kurang lebih setengah jam dari kota Malang. Batu Secret Zoo sempat ditutup saat pandemi, namun akhirnya dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan ketat, sejak akhir 2021. Batu Secret Zoo dibuka setiap hari mulai pukul 08.30 WIB hingga 16.30 WIB. Sebaiknya anda dan keluarga tiba di pagi hari, supaya bisa puas menikmati seluruh kawasan ini. Apalagi loket tiket akan ditutup pada pukul 15.30 WIB.

Dengan membayar tiket paket seharga Rp. 150.000,- per orang, pengunjung bisa langsung menikmati 3 kawasan wisata sekaligus, yakni Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Nah bagaimana dengan anak usia balita, apakah harus membayar tiket secara penuh? Peraturan di Batu Secret Zoo menyatakan, setiap anak yang memiliki tinggi di atas 85 cm sudah wajib membeli 1 tiket penuh.

Batu Secret Zoo terbagi menjadi beberapa area dengan tema dan hewan-hewan yang berbeda. Karena kawasannya sangat luas, kami sarankan anda mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Untuk pengunjung lansia dan ibu hamil, juga bisa menjelajahi semua area ini dengan menggunakan E-Bike. Di Batu Secret Zoo, anda dan keluarga bisa menyewa E-Bike dengan membayar Rp. 150.000/3 jam dengan menjaminkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kalau waktunya dirasa tidak cukup, anda juga bisa menambah waktu sewa, dengan membayar Rp. 60.000/jam.

Zona yang akan anda lihat pertama kali adalah reptil garden. Di dalamnya ada berbagai macam koleksi reptil mulai dari kura-kura, kadal, ular hingga buaya. Selanjutnya ada zona khusus binatang buas spesies harimau. Anda dan keluarga bisa berjalan melintasi tengah-tengah kandang yang hanya dibatasi oleh kaca tebal. Lihat harimau Sumatera ini, gagah sekali ya!

Selain itu masih ada jaguar, harimau Benggala dan si raja Rimba, Singa.

Teruslah berjalan dan anda bisa mendapati zona Safari Farm. Di sini anak-anak juga bisa memberi makan binatang, contohnya seperti yang satu ini. Gajah-gajah ini sudah tidak sabar ingin makan. Lapar sekali ya?

Salah satu zona yang jadi favorit anak-anak adalah Zona Akuarium. Wisatawan bakal dimanjakan dengan berbagai jenis ikan, baik ikan laut maupun jenis ikan tawar. Selain ikan-ikan hias yang lucu, di sini juga ada koleksi predator seperti hiu lho! Yang serunya lagi, zona Akuarium ini tembus pandang, jadi anak-anak bisa bebas berfoto di sini, seolah-olah mereka sedang berada di dalam akuarium, Wah! Kreatif juga yaa…

Masih belum puas? Yuuk kita lanjut ke habitat dua binatang amfibi besar yakni kuda nil dan predator buaya. Mereka berada di bawah jembatan yang dilalui oleh pengunjung, jadi anda dan keluarga cukup menengok ke bawah dan bisa langsung mengamati gerak gerik mereka. Bahkan pada jam-jam tertentu, wisatawan diperbolehkan memberi makan buaya dan kuda nil dengan roti, sayur-mayur dan buah-buahan telah disediakan.

Untuk anak-anak yang masih ingin berinteraksi dengan binatang favorit mereka, di Batu Secret Zoo juga ada birds feeding lho. Di sini anak-anak bisa berfoto selfie bersama burung-burung cantik dan memberi mereka makanan.

Tapi jangan dipaksakan langsung menjelajahi seluruh kawasan jika anda lelah ya. Sempatkan beristirahat sejenak di area kafetaria, sambil menikmati hidangan khas jawa timur. Tim Koper Mini akhirnya memilih makan siang dengan menu Rawon, makanan khas Jawa Timur yang selalu mengundang selera. Minumnya es kelapa muda yang segar. Hmmm, nikmatnya! Harga makanan di Batu Secret Zoo tergolong terjangkau, untuk ukuran kawasan wisata. Mulai dari Rp. 15 ribu rupiah hingga Rp 40 ribu rupiah, anda bisa mendapat makan siang dan jajanan yang memanjakan perut. 

Untuk anak-anak yang bosan hanya melihat binatang, tenaang saja, di Batu Secret Zoo juga ada sejumlah atraksi permainan yang seru. Area yang diberi nama Fantasy Land ini didesain dengan sangat menarik dan penuh warna.

Di Fantasy Land, anda dan anak-anak bisa bermain di water zone, jumping frog dan mini roller coaster. Untuk yang ingin menguji adrenalin, bisa berpetualang menjelajahi rumah hantu. Atau naik wahana 3D yang seruu bangeet. Selain itu, ada juga area Happy Land, yang berisikan wahana Tsunami. Ada sejumlah permainan lain yang tak kalah menarik, seperti bola raksasa dan juga pertunjukan binatang spektakuler.

Di Batu Secret Zoo, pengetahuan anak-anak juga bertambah, karena selain berinteraksi langsung dengan binatang, mereka juga bisa mendapat ilmu tentang satwa. Tengok saja, beberapa papan edukasi soal binatang berikut ini. Semuanya informatif, seperti membaca ensiklopedia tentang satwa lho. Sebagai hidangan penutup, wisatawan juga bisa berkunjung ke museum satwa yang terletak di area dekat pintu keluar. Area ini berada di dalam ruangan, jadi jangan lupa tetap jaga protokol Kesehatan ya, jangan pernah melepaskan masker dan tetap menjaga jarak dengan pengunjung lain.

Nah, selesai sudah petualangan setengah hari kami di Batu Secret Zoo. Anak-anak senang, kami pun lega.Tak heran, Batu Secret Zoo pernah dinobatkan sebagai kebun binatang terbaik di Asia. Fasilitasnya terbilang lengkap dan kawasannya sangat bersih. Keren bangeet kan? Kami pasti kembali ke sini lagi. Selamat berlibur ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *