Berburu Makanan Halal di Bangkok Thailand

Untuk traveler muslim, pergi liburan ke negara yang penduduknya bukan mayoritas muslim memang kadang membutuhkan riset ekstra untuk menemukan restoran atau tempat makan halal. Seringkali jumlah resto halal sangat terbatas dan letaknya jauh dari area wisata. Tapi tidak demikian dengan di Bangkok, Thailand. Saat berkesempatan melawat singkat ke Bangkok, ibu kota negeri Gajah Putih itu, tim Koper Mini berhasil mengumpulkan rekomendasi restoran halal yang punya menu lezat dengan harga relatif terjangkau. Ini dia rangkumannya:

  1. Usman Muslim Thai Food Restaurant
Usman Muslim Thai Food

Restoran ini terletak di 259/9 Sukhumvit 22, Sukhumvit Road, Klongtoey, Prakanong, Bangkok. Posisinya tak jauh dari stasiun BTS Phrom Phong. Untuk menuju ke sini, anda bisa naik BTS ke stasiun Phrom Phong. Dari exit, anda harus berjalan menuju soi (gang) nomor 22. Di samping gang tersebut, nampak hotel bintang 5, Marriott Imperial Queen’s Park. Nah, anda cukup berjalan sekitar 100 meter dari mulut gang, dan bisa langsung menemukan Usman Muslim Thai Food di sebelah kanan.

Kedai makan ini milik Khun Usman, seorang pria muslim asal Thailand Selatan. Provinsi-provinsi di selatan yang berbatasan dengan Malaysia didominasi komunitas muslim yang berbahasa melayu Yawi. Itulah mengapa Pak Usman dan para pegawainya juga bisa berbahasa melayu. Jadi tidak perlu repot-repot berbahasa Inggris atau belajar Bahasa Thai jika memesan menu di sini. Selain itu para pelayan di kedai ini juga mengenakan hijab lho. Alhamdulillah…

Menu Paket nasi
Menu Nasi Goreng
Menu berbahan Mie
Menu berbagai Sup

Lalu apa saja menu andalannya? Yang spesial antara lain Sup Tom Yam, Kepiting Masak Kari dan Sop Buntut. Selain itu masih banyak menu lainnya, mulai dari olahan mie, nasi goreng, paket menu nasi dan lauk, sampai hidangan penutup khas Thailand, Mango Sticky Rice alias Ketan Mangga. Hmmmm….aromanya begitu menggoda.

Beef Garlic Rice

Karena sangat lapar dan dingin (tim Koper Mini datang di malam hari dan sedang hujan), kami langsung memesan menu paket nasi tumis daging sapi, teh hangat dan sebagai dessert kami memilih ketan mangga.

Mango Sticky Rice

Tidak perlu lama menunggu, makanan hangat segera tersaji. Kalau tim Koper Mini perhatikan, banyak juga pengunjung Restoran ini yang datang dari Indonesia. Kami simpulkan dari banyaknya percakapan Bahasa Indonesia (dengan dialek Jakarta) di meja sebelah. Nah, setelah kami coba makanannya, semua jadi masuk akal. Selera bumbunya tidak jauh dengan masakan Indonesia. Bahkan di sini sedikit lebih spicy (terasa bumbunya). Rasanya sangat lezat, apalagi ketan mangga-nya yang khas. Bulir ketannya empuk dan mangganya meski berwarna kuning ternyata rasanya sangat manis.

Harga makanan di Restoran Usman ini bervariasi, mulai dari 55 Baht hingga 220 Baht per porsi, atau setara dengan Rp. 16 ribu hingga Rp. 65 ribu per menu. Jika anda ingin makan di sini, pastikan anda tidak datang di hari Jumat karena di hari itu restoran tutup. Di hari lain, restoran buka mulai dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

2. Muslim Restaurant

Muslim Restaurant

Sesuai Namanya, Tempat ini menjual makanan-makanan halal dan bisa ditemukan di daerah Charoen Krung Road. Jika menggunakan BTS, anda bisa turun di BTS Saphan Taksin Station (S5), keluar di Exit 3 dan berjalanlah menyusuri Charoen Krung Road. Lokasi Muslim Restaurant berada di sudut jalan Siloam dan berdampingan dengan State Tower (salah satu bar terkenal).

Menu di Muslim Restaurant

Jenis makanan yang jadi andalan di tempat ini, antara lain nasi biryani, martabak, sop neau (sop daging), sate daging, dan lain-lain. Harganya bervariasi mulai dari 40 Baht hingga 160 Baht, atau setara Rp. 18 ribu hingga Rp. 75 ribu.

3. Sinthorn Steak House

Sinthorn Steak House Bangkok

Buat anda penyuka steak dan sedang mencari makanan halal di Bangkok. Jangan ragu untuk mengunjungi Sinthorn Steak House, yang berlokasi di Ramkhamhaeng Road. Pemiliknya mengklaim tempat ini sebagai tempat makanan halal terbesar di Bangkok. Sesuai namanya, menu andalannya adalah daging steak.

Harga steak di tempat ini dijual mulai dari 110 Baht (porsi mini) hingga 280 Baht, atau setara Rp. 51 ribu hingga Rp. 130 ribu. Menu daging kambing porsi besar (keluarga) dihargai 1,150 Baht atau setara Rp. 533 ribu. Sedangkan harga untuk buffet (daging panggang gaya Korea) adalah 99 Baht/orang lokal atau setara Rp. 45 ribu dan 129 Baht atau setara Rp.59 ribu untuk turis asing.

Nah, ternyata Sinthorn Steak House tidak hanya menyediakan menu makanan siap saji, namun juga menjual daging dengan sertifikat halal serta bahan makanan lainnya. Jadi kalau berminat masak sendiri, bisa juga berbelanja daging di sini ya.

4. Yusuf Pochana

Yusuf Pochana Restaurant

Siapa yang tak kenal Chatuchak Market? pasar akhir pekan yang sangat ramai dikunjungi warga setempat bahkan turis asing. Ternyata tidak susah lho mencari makanan halal di sekitar Chatuchak. Namanya Yusuf Pochana, Kedai ini terletak di Chorakhe Bua, Lat Phrao, Bangkok. Seluruh hidangan di kedai ini, halal. Saat makan siang, anda bisa mencoba menu terbaik mereka yakni nasi biryani daging kambing oven. Selain itu ada roti isi ikan yang rasanya unik.

5. Farida Fatornee

Farida Fatornee Restaurant

Sudah pernah berkunjung ke Museum Lilin Madame Tussaud, Bangkok? Nah, di dekat lokasi wisata ini ternyata ada kedai makanan halal lho. Namanya Farida Fatornee. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena dari stasiun Ratchatewi, anda cukup menyeberang saja. Pemilik tempat makan ini adalah orang Thailand asli. Meskipun seorang warga Thailand, ia cukup fasih berbahasa Indonesia. Jadi, tidak perlu repot-repot belajar Bahasa Thailand untuk memesan menu di sini ya. Nah, untuk menu andalan di sini ada Sup Tom Yam khas Thailand yang bercitarasa pedas, selain itu ada Sop Buntut dan Ikan Goreng, tidak jauh berbeda dengan selera orang Indonesia kan?

Nah, sekarang daftar Restoran halal di Bangkok, Thailand sudah di tangan. Traveler muslim tidak perlu ragu lagi jika ingin berwisata ke Thailand. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *