8 Lokasi Wisata Wajib di Edinburgh Skotlandia

Edinburgh! Menjejakkan kaki di ibu kota Skotlandia, Britania Raya, serasa masuk ke dalam mesin waktu yang akan membawa kita kembali ke ratusan tahun lalu. Pesona old town Edinburgh menghipnotis semua pengunjungnya, termasuk kami, tim Koper Mini. Akhir pekan ini, kami menjelajah kota yang bertetangga dengan kota tempat tinggal kami, Glasgow. Hari masih pagi ketika kereta Scotrail membawa kami bertolak dari Glasgow Queen Street Station menuju Waverley station Edinburgh.

Waverley Station, Edinburgh.

Sepanjang perjalanan, kami terpesona dengan pemandangan pedesaan ala Skotlandia, padang rumput yang luas, pemukiman penduduk lokal, bahkan ada sekumpulan domba yang sedang bermain di alam liar. Tidak terasa 50 menit berlalu, pesan di pengeras suara kereta menyampaikan kami akan segera tiba di Waverley station, Edinburgh. Di akhir musim dingin ini, kami berharap cuaca Edinburgh cerah, atau setidaknya tidak hujan. Maklum, cuaca di Skotlandia kerap berganti cepat, seringkali awan mendung kelabu, berganti hujan rintik, lalu cerah dengan matahari yang menyilaukan, semuanya dalam satu hari yang sama. Oleh karena itu, sangat penting memeriksa perkiraan cuaca di aplikasi hp kita. Kereta melambat hingga akhirnya berhenti dengan sempurna. Selamat datang di Edinburgh!

Edinburgh, Skotlandia.
Selamat datang di Edinburgh!

Ini dia rangkuman 8 lokasi wisata yang wajib dikunjungi untuk anda dan keluarga yang baru pertama kali berkunjung ke Edinburgh:

  1. Edinburgh Castle

Kastil Edinburgh adalah saksi bisu pertempuran antara Skotlandia dan Inggris. Meskipun saat ini Skotlandia dan Inggris tergabung dalam wilayah Britania Raya (United Kingdom), namun sejarah seteru dua kerajaan ini masih menyisakan luka lama warganya. Kastil Edinburgh dibangun pada abad ke-12 oleh Raja David I, putra dari Saint Margareth of Scotland.

Kastil Edinburgh

Meskipun pada tahun 1650 kastil ini sempat jatuh ke tangan Inggris di bawah armada Oliver Cromwell, akhirnya pada tahun 1814 diberikan kepada pemerintah Skotlandia sebagai monumen perang. Saat ini, Kastil Edinburgh menjadi salah satu land mark utama ibu kota Skotlandia. Saat tim Koper Mini berkunjung ke kastil ini, cuaca sangat cerah dan wisatawan dari berbagai negara memadati lokasi ini untuk mengabadikan foto. Jika anda ingin melihat langsung suasana di dalam kastil, kami sarankan untuk membeli tiket secara online, karena lebih murah dibandingkan membeli langsung di tempat. Untuk keluarga dengan komposisi 2 dewasa dan 2 anak, harga tiket sebesar 52 Pounds atau setara 1 juta rupiah. Ada harga khusus untuk anak-anak dan lansia.

Pemandangan Kastil dari The Vennel

Pemandangan Kastil Edinburgh bisa dinikmati dari beberapa titik terbaik, di antaranya dari Kawasan The Vennel, St. Cuthbert’s Churchyard, Ross Fountain di Princes St Gardens, Castle Esplanade dan dari atap gedung National Museum of Scotland.

2. Holyrood Palace

Holyrood Palace

Istana Holyrood adalah kediaman resmi penguasa Britania Raya di Skotlandia. Istana yang letaknya berseberangan dengan Edinburgh Castle ini menjadi kediaman utama Raja dan Ratu Skotlandia sejak abad ke-16. Saat Ratu Elizabeth II masih berkuasa, sang Ratu kerap menghabiskan waktu di istana ini saat musim panas. Istana Holyrood dibuka untuk masyarakat umum, kecuali saat sedang dikunjungi oleh anggota keluarga kerajaan.

3. Scott Monument

Scott Monument

Monumen Scott terletak di samping stasiun Waverley di pusat kota Edinburgh. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi pusat perhatian para wisatawan saat baru tiba di ibu kota Skotlandia. Monumen setinggi 61 meter ini selesai dibangun pada tahun 1844 untuk mengenang penulis novel legendaris asal Skotlandia, Sir Walter Scott. Monumen ini memiliki puncak menara yang bisa dicapai setelah melalui 287 anak tangga.

4. Royal Mile

Royal Mile

Royal Mile adalah rangkaian jalanan utama di Old Town (kota tua) Edinburgh. Jalanan utama ini terletak di antara 2 land mark utama Kota Edinburgh, yakni Edinburgh Castle dan Holyrood Palace. Di masa kini, kawasan ini menjadi pusat wisata dan pusat perbelanjaan yang kerap dikunjungi wisatawan. Royal Mile menghubungkan kawasan Castlehill, the Lawnmarket, the High Street, the Canongate dan Abbey Strand.

5. St. Giles Cathedral

St. Giles Cathedral

Katedral St. Giles terletak di kawasan Royal Mile. Gereja ini didirikan pada tahun 1124 oleh Raja David I dan telah berfungsi sebagai tempat beribadah selama hampir 900 tahun. Selain digunakan untuk beribadah, gereja ini juga kerap menyelenggarakan acara musik yang dapat dihadiri secara gratis oleh wisatawan.

6. Advocate’s Close

Advocate’s Close Edinburgh

Penggemar sejarah abad pertengahan wajib mengunjungi lokasi ini. Advocate’s Close adalah gang sempit dengan tangga curam yang terletak di kawasan Royal Mile. Kawasan ikonik ini berasal dari abad pertengahan dan sempat dibangun kembali pada awal abad ke-21. Saat tim Koper Mini memasuki gang bersejarah ini, suasana misterius sangat terasa. Dinding batu yang dingin dan area yang gelap semakin membuat kita merasakan syahdunya nuansa abad pertengahan.

7. Scottish National Gallery

Scottish National Gallery

Obyek wisata yang satu ini sangat cocok untuk penyuka seni. Galeri Nasional Skotlandia terletak di pusat kota Edinburgh dan cukup dekat dengan jalan terkenal, The Princes Street. Bangunan ini dirancang dengan gaya neoklasik oleh William Henry Playfair dan dibuka untuk umum sejak tahun 1859. Galeri ini menampilkan seni rupa Skotlandia dan juga internasional sejak awal masa Renaisans hingga awal abad ke-20.

8. Victoria Street

Victoria Street

Yang suka berbelanja, ngupi di kafe cantik, sekaligus flexing foto di Instagram, titik inilah surganya, Victoria Street! Deretan bangunan berwarna warni ini adalah lokasi yang paling banyak difoto oleh para influencers traveling di luar sana. Lekukan jalan yang unik ini kerap diunggah di media sosial, dan menjadikannya lokasi yang populer di kalangan wisatawan. Victoria Street dibangun antara tahun 1829 hingga 1834 sebagai rangkaian dari perbaikan Old Town (Kota Tua) Edinburgh. Jalan ini sengaja dibangun untuk memudahkan akses dari Grassmarket ke Lawnmarket di kawasan kota tua.

Pemandangan Kota Edinburgh dari Kastil

Sudah siap berkemas untuk berlibur ke Edinburgh? Untuk suasana yang berbeda, selain di musim dingin, anda dan keluarga juga bisa mengunjungi ibu kota Skotlandia ini di musim panas. Pastikan anda dan keluarga telah membuat daftar destinasi terbaik dan memesan akomodasi. Rekomendasi kuliner halal dan tempat menginap ala tim Koper Mini akan kami ulas di postingan berikutnya. Sampai jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *